READING

Peluncuran Media Daring Jatimplus.ID, Optimisme Ja...

Peluncuran Media Daring Jatimplus.ID, Optimisme Jawa Timur

KEDIRI – Arus informasi seperti air bah menghuni ruang publik, khususnya di dunia maya. Baik informasi dari media arus utama dan informasi dari media sosial yang lebih banyak dan lebih cepat. Tak semua informasi diproses dengan mengedepankan fakta. Tanpa mengesampingkan peran media sosial sebagai ruang informasi, interaksi, dan juga ruang kontrol, media arus utama yang memublikasikan produk-produk jurnalistik masih diperlukan. Sebuah produk yang dihasilkan dari proses jurnalistik yang mengutamakan kevalidan data sehingga bisa menjadi clearing house bagi informasi yang beredar.

Dalam situasi melimpahnya arus informasi inilah, Jatimplus.ID hadir  mengisi ruang publik dengan produk jurnalistik di laman www.jatimplus.id dengan publisher Abdul Hakim Bafagih. Pertama kali tayang pada 21 Oktober 2018 sebagai hari lahir media yang berkantor pusat di Kota Kediri ini. Tujuh bulan kemudian, tepatnya 19/07/2019 mulai pukul 19.00 WIB, media daring ini resmi diluncurkan. Acara ini dihadiri oleh unsur pemerintah Kota Kediri, unsur Polri/TNI, Dekranasda, profesional, dan sejumlah jurnalis.

Jatimplus.ID hadir bukan sebagai kompetitor dengan media yang sudah ada melainkan menjadi media alternatif sehingga melengkapi yang sudah ada,” kata Hari Tri Wasono, Pemimpin Umum Jatimplus.ID dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama, Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi menyampaikan kritik terhadap media daring.

“Antara judul dan isi sering tidak sama,” kata Anthon. Judulnya kerap kali bombastis, ketika dibaca isinya berbeda. Sementara kebanyakan warga net hanya sempat membaca judulnya di antara kesibukan dan juga arus informasi yang demikian padat. Anthon juga mengimbau bagi para awak media agar hati-hati dalam hal memberitakan hal-hal yang sensitif dan bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

Menyinggung soal pemberitaan, Prasto Wardoyo, pemimpin redaksi Jatimplus.id mengatakan bahwa media pun harus menjadi sumber informasi, rekreasi, edukasi selain berfungsi sebagai kontrol sosial. Soal informasi, Prasto menyampaikan bahwa media arus utama hendaknya menjadi clearing house, sarana tempat mengecek informasi yang membanjir.

Jatimplus.ID mengusung tagline optimisme Jawa Timur. Kami juga ingin mengabarkan berita-berita yang berisi truth, hope, dan optimism,” katanya. Selain memroduksi berita daring, Jatimplus.ID juga bergerak di bidang pelatihan dan seminar di bawah naungan Jatimplus Academy yang digawangi Titik Kartitiani dan radio streaming JRadio-saluran informasi dan komedi-yang digawangi Subiyantoro.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan diskusi bertema Integrated Marketing Communication dengan narasumber Hafidz Novalsyah, Master of Maritime Affair yang kini menjabat sebagai Corporate Strategist di Pelindo III.

“Hal-hal yang buruk pun diberitakan, apalagi hal-hal yang baik,” katanya. Ia juga menyampaikan bahwa kerja Humas membantu memudahkan kerja wartawan. Sama halnya dengan jurnalis, humas pun tak boleh bohong. Selain itu, sebagai humas tidak boleh mematikan telpon supaya jika terjadi sesuatu di perusahaan atau lembaganya  bisa menyampaikan kebenaran kepada jurnalis.

“Hubungan baik adalah segalanya,” katanya menutup diskusi yang berlangsung selama satu jam dan hadirin mengikuti hingga akhir.

Reporter              : Titik Kartitiani
Fotografer          : Adhi Kusumo

Pemimpin redaksi Jatimplus.id, Prasto Wardoyo sedang memberikan sambutan mengawali acara peluncuran Jatimplus.id di kantor Jatimplus.id, Jl. Banjaran II no. 38, Kota Kediri, Jawa Timur, 19/07/2019.
Pemimpin Umum Jatimplus.id, Hari Tri Wasono mengatakan dalam sambutannya bahwa Jatimplus.ID bukan hadir sebagai kompetitor melainkan menjadi alternatif media.
Pembacaan doa yang disampaikan oleh Iman Mubarok.
Diskusi bertema Integrated Marketing Communication dengan narasumber Hafidz Novalsyah, Master of Maritime Affairs.
Sambutan Kapolresta Kediri, AKBP Anthon Haryadi.
Dwijo U. Maksum, Pemimpin Redaksi Kediripedia.com menyampaikan komentar saat diskusi.
Suasana diskusi.
Jajaran Polri/TNI turut hadir dalam diskusi hingga selesai.
print

Titik Kartitiani

sunset lover, traveler, writer, and fulltime dreamer :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.