READING

Pemkab Kediri Ambil Alih Pengobatan Bayi Febrian

Pemkab Kediri Ambil Alih Pengobatan Bayi Febrian

KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri membiayai operasi pembuatan anus kepada Febrian Dwi Mursaid, balita yang lahir tanpa anus. Rencananya operasi akan dilakukan di RSUD Syaiful Anwar Malang.

Kondisi bayi Febrian Dwi Mursaid, anak pasangan pasangan Murjito dan Siti Masamah asal Desa Kunjang, Kabupaten Kediri ini cukup mengenaskan. Dia terlahir tanpa dilengkapi saluran pembuangan pencernaan atau anus.

Hal ini diperparah dengan kemampuan ekonomi kedua orang tuanya yang pas-pasan. Bahkan proses persalinan Siti Masamah pun harus dibantu melalui program Jampersal (Jaminan Persalinan).

Beruntung Pemerintah Kabupaten Kediri tanggap dan langsung memberikan pertolongan. Pemerintah berencana membawa Febrian ke RSUD Syaiful Anwar Malang untuk menjalani operasi pembuatan anus, dengan seluruh biaya pengobatan ditanggung pemerintah daerah.

“Hanya saja saat ini operasi belum dapat dilakukan. Karena demi keselamatan bayi, operasi bisa dilakukan saat bayi berusia 1 tahun dan memiliki berat minimal 7 kilogram. Sehingga saat ini kami menunggu bayi Febrian bisa memenuhi syarat tersebut,” kata Kepala Dinas Sosial melalui Kabid Rehabilitas Sosial Diah Saktiana, 8 November 2019.

Dijelaskan oleh Diah Saktiana, selain biaya medis, Pemkab Kediri melalui Dinkes juga akan membiayai biaya operasional dan akomodasi selama Febrian dirawat di rumah sakit guna tindakan operasi nanti.

“Febrian terus kami pantau kondisinya. Termasuk saat ini kami berikan bantuan asupan gizi karena beratnya kurang. Yang bersangkutan saat ini tidak mau minum ASI. Mungkin karena secara pencernaan ada gangguan, sehingga kurang bernafsu dalam mengkonsumsi asupan,” tambahnya.

Selain merencanakan pengobatan Febrian, seluruh perangkat pemerintah desa dan kecamatan diminta melakukan pemantauan kondisi kesehatannya. Petugas Puskesmas Kunjang juga akan rutin mengunjungi bayi itu untuk membantu penggunaan alat khusus pengganti anus.

Saat ini bayi Febrian telah memasuki usia delapan bulan. Pihak keluarga berharap operasi yang akan dijalani berjalan lancar, dan membawa perubahan pada kesehatan Febrian. (Adv)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.