READING

Pemkab Kediri Galakkan Produksi Mangga Podang

Pemkab Kediri Galakkan Produksi Mangga Podang

KEDIRI – Kabupaten Kediri dan mangga Podang adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Varietas mangga asli Kediri ini telah terkenal hingga ke manca negara.

Mangga Podang memang istimewa. Tak hanya manis, tekstur daging buahnya juga lembut tanpa serat. “Mangga Podang juga aman untuk masyarakat yang alergi pada mangga tertentu,” kata Dr. Yosy Satria dari RSUD Gambiran Kediri.

Populasi mangga Podang terbesar berada di Kecamatan Semen, Banyakan, Grogol, Tarokan dan Mojo. Saat ini tanaman mangga Podang telah berkembang di Kabupaten Kediri dengan jumlah produksi 559.050 kwintal. Pohon ini tumbuh di kawasan perbukitan sebagai tanaman konservasi lahan kering.

Beberapa warga juga menanamnya di area pekarangan rumah. Ini lantaran perawatan mangga Podang yang cukup sederhana dan nyaris tak memerlukan tindakan khusus. Meski telah berusia tua, satu batang pohon bisa menghasilkan 60-200 kg. Sangat banyak bukan.

Saat ini Pemerintah Kabupaten Kediri telah mengembangkan budidaya mangga Podang menjadi aneka olahan. Permintaannya juga telah mencapai luar negeri. Diantaranya Korea, Jepang, dan Singapura yang menyukai karena rasa dan tampilannya.

Petani mangga Podang di Kabupaten Kediri pada umumnya menjual hasil panen secara langsung ke pengepul. Namun beberapa petani yang telah mendapat edukasi dari pemerintah telah mengolahnya menjadi juice, minuman sari mangga, sirup, dodol, jelly, manisan, dan keripik.

Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kediri mencatat tiga jenis varietas mangga Podang asli Kediri. Yakni Mangga Podang Urang (warna kulit buah merah jingga, rasa buah manis-segar), Mangga Podang Lumut (warna kulit buah kuning kehijauan, rasa buah manis-agak asam), dan mangga Podang Nanas (warna kulit buah kuning, rasa buah manis-agak asam). Dari tiga varietas tersebut yang paling menarik penampilan dan rasanya adalah mangga Podang Urang.

Kekhasan mangga Podang Urang ini pada tampilan warna kulit buahnya yang merah jingga, plus warna daging buah yang jingga hingga terlihat menawan. Demikian pula bentuk buahnya yang tidak terlalu besar, dengan rasa manis dan aroma tajam.

Buah ini juga sangat bagus untuk pencernaan karena seratnya halus dan banyak mengandung air. Tak heran jika varietas ini paling banyak diminati pasar luar negeri. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.