READING

Peningkatan Kompetensi Sosial Kultural ASN Layani ...

Peningkatan Kompetensi Sosial Kultural ASN Layani Kemajemukan Warga Kabupaten Kediri

Keberagaman warga Kabupaten Kediri dalam agama, suku, dan budaya mengharuskan ASN mampu melayani dengan optimal. Oleh sebab itu, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri menyelenggarakan pembinaan pegawai dalam rangka peningkatan kompetensi sosial kultural bagi PNS di lingkungan Pemkab Kediri. Kegiatan ini diselenggarakan di Convention Hall SLG Kabupaten Kediri,10/12/2019.

Pembinaan ini didasari amanat dalam PP no. 11 tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Sipil Negara, dimana pegawai memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam pengembangan kompetensi.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kediri Dede Sujana, S.Sos. MSi. Sekda mengatakan, pegawai menjadi garda terdepan dalam pemerintahan dan mempunyai fungsi dan arti yang penting. Dede mengimbau agar materi yang disampaikan dalam pembinaan bisa diterapkan dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan pelayanan instansi pemerintah di kabupaten.

Dede Sujana menambahkan, Pemerintah Kabupaten Kediri sangat mengapresiasi atas kinerja tinggi pegawainya. Tanpa dukungan yang baik, proses pembangunan tidak bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Materi yang disampaikan terkait dengan pembinaan kebangsaan dalam keberagaman. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini, Ketua TP3 Kabupaten Kediri, Ir. Sutrisno. Menurut beliau, karena selalu berada dalam lingkup sosial, ASN harus benar-benar memiliki kompetensi sosial kultural. Yang tak kalah penting, bekerja karena Allah dan selalu memberi manfaat kepada masyarakat.

Para peserta pembinaan juga mendapatkan materi dari Heidy Akhadi, seorang trainer dari lembaga ESQ Leadership Center. Penyampaiannya berfokus pada  pengembangan SDM untuk membentuk karakter melalui potensi manusia. Potensi tersebut meliputi potensi kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual. Potensi ini berdampak terhadap meningkatnya kinerja para pegawai ASN di lingkup pemerintah. Heidy mengatakan, karakter ASN perlu dikembangkan dan dimaksimalkan sehingga mereka memiliki potensi yang optimal dalam mengemban tugasnya (ADV).

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.