READING

Penulis Madura Raih Juara 1 Lomba Cipta Puisi Nasi...

Penulis Madura Raih Juara 1 Lomba Cipta Puisi Nasional Piala H.B. Jassin

JAKARTA- “Saya bangga kali ini, pemenangnya banyak dari daerah. Ada yang dari Madura, Sumatera, Lampung, dan lain-lain,” kata Jose Rizal Manua, pendiri Bengkel Deklamasi, juga penyelenggara acara Lomba Baca dan Cipta Puisi Tingkat Nasional Piala H.B. Jassin 2019 bekerjasama dengan Pemprov. DKI sebelum pemenang diumumkan, 18/10/2019.

Sebelum pengumuman pemenang, panggung Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, diisi dengan pembacaan puisi. Dibuka oleh Presiden Penyair Indonesia, Sutardji Calzoem Bachri kemudian Jose Rizal Manua, Iman Soleh, Fikar W. Eda, hingga musikalisasi puisi oleh Deavis Sanggar Matahari. Selain itu, hadir juga bintang tamu Olivia Zalianty yang membaca puisi.

Fikar W. Eda membacakan puisi dengan sangat atraktif. Diiringi musik dan gerak, Fikar mengajak penonton untuk berdendang tentang kopi dan cerita. Rupanya, frasa ini akan lekat hingga akhir pertunjukan. Bahkan Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang turut hadir pun menyebut frasa itu pada saat pidatonya.

“Adanya Bahasa Indonesia, pengembangan sastra Indonesia memiliki peran yang sangat penting di dalam membuat rajutan persatuan. Itu semua ada di Jakarta, karena itu kegiatan kebudayaan mendatang akan kita galakkan lagi,” kata Anies. Anies berjanji, tahun depan, bukan hanya penyelenggaraan Jakarta Berpuisi ini akan dibikin lebih besar, namun juga panitia tak perlu cari sponsor lagi.

“Semua dana akan ditanggung Pemprov. DKI,” janji Anies yang disambut penonton dengan tepuk tangan. Ia melanjutkan sambil mengutip bebas kalimat puisi Fikar,” Karena tak ada kopi, maka tak perlu panjang lagi pidatonya.”

Usai berpidato, juri lomba karya cipta puisi dalam hal ini diwakili oleh Free Hearty dan Heryus Saputra mengumumkan para pemenang. Untuk lomba cipta puisi bertema Jakarta dalam Puisi, juara I diraih oleh A’yat Khalili (Madura) dengan judul Memorabilia Petilasan Jakarta, juara II Alexander Robert Nainggolan (Lampung) dengan judul Bawa Aku ke Jakarta, dan juara III Budhi Setiawan (Bekasi) dengan judul Jakarta Kapan Kau Akan Pulang Kampung.

Sedangkan lomba baca puisi untuk juara I,II, dan III putri diraih oleh Naryma Beril Ivana (Jakarta), Irma Zain (Jakarta), dan Dina Mariana (Lampung). Sedangkan untuk putra yaitu Irfan Hakim (Jakarta), Jumwarol Muharam (Depok), dan Fauzi Afrianzah (Jakarta).

Menurut Guntoro Sulung, salah satu panitia yang ditemui Jatimplus.id di belakang panggung mengatakan bahwa lomba cipta puisi ini diikuti 200-an peserta dengan 400-an karya yang masuk ke panitia. Tak ada batas usia untuk lomba cipta puisi. Sedangkan lomba baca puisi diikuti oleh pelajar di wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

Lomba Cipta & Baca Puisi Piala HB Jassin dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 1928-2019 digelar pada tanggal 17-18 Oktober 2019 dengan tema Jakarta Dalam Puisi = Jakarta Berpuisi– Jakarta Berliterasi. Kali ini, terlaksana atas kerjasama Bengkel Deklamasi Jakarta, Pusat Dokumentasi Sastra HB Jassin, dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta didukung oleh Bhakti Budaya Djarum Foundation (Titik Kartitiani).

Print Friendly, PDF & Email

Titik Kartitiani

sunset lover, traveler, writer, and fulltime dreamer :)

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.