READING

Peringati Hari Santri, Ribuan Warga Kediri Jalan S...

Peringati Hari Santri, Ribuan Warga Kediri Jalan Sarungan

KEDIRI – Ribuan santri dan umat Muslim di Kota Kediri mengikuti jalan sehat sarungan, Minggu 3 November 2019. Sambil mengenakan sarung, mereka berbaur menyusuri jalanan kota bersama Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dan ulama.

Jalan sehat sarungan ini diselenggarakan oleh pengurus Nahdlatul Ulama Kota Kediri dalam memperingati Hari Santri Nasional 2019. Mengambil start di depan Stadion Brawijaya, ribuan peserta sarungan menuntaskan rute hingga mencapai finish di Hutan Kota Joyoboyo Kediri. “Ini adalah tahun keempat jalan sehat sarungan diselenggarakan di Kediri. Alhamdulillah pesertanya makin banyak,” kata Abdullah Abu Bakar sebelum memberangkatkan peserta.

baca juga : Menggali Jejak Raja Airlangga di Jombang

Tak sekedar berolahraga, jalan sehat sarungan ini, menurut Abu Bakar, adalah bagian dari mempertahankan tradisi mengenakan sarung. Terlebih lagi kebiasaan mengenakan sarung juga dilakukan Wakil Presiden Republik Indonesia KH Maruf Amin.

Dalam kesempatan itu, Abu Bakar juga menitipkan pesan kepada para santri dan masyarakat untuk menggunakan momentum hari santri sebagai perlawanan terhadap hoax. Produksi berita yang memprovokasi ini terbukti merusak persatuan dan kerukunan masyarakat, terutama di media sosial.

baca juga: Sebuah Kampung Anak di Kota Kediri yang Bebas Gawai dan Televisi

Untuk itu Abu Bakar meminta kepada para orang tua agar membatasi penggunaan gadget kepada putra-putrinya. Sebab saat ini penggunaan gadget telah begitu kuat di kalangan anak dan remaja, tanpa diimbangi kemampuan menyaring informasi dengan benar. “Anak-anak dimasukkan ke TPA/TPQ, agar tidak hanya pandai di akademik namun juga bagus agamanya. Jadi kita ingin Kediri ini mencetak generasi yang pintar tapi juga memiliki akhlak karimah. Karena saat ini games ataupun tayangan televisi banyak yang tak layak tonton,” katanya.

Sementara itu Ketua PCNU Kota Kediri Abu Bakar Abdul Jalil mengatakan kegiatan jalan sehat sarungan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Santri Nasional di Kota Kediri, yang diselenggarakan mulai tanggal 19 Oktober hingga 3 November 2019. “Insya Allah nanti di pertengahan November akan ditutup dengan maludan serta tingkepan masal,” ungkapnya.

Peserta jalan sehat sarungan ini menempuh rute Jl. Ahmad Yani – Jl. Pahlawan Kusuma Bangsa – Jl. Airlangga – Jl. Pemuda – Jl. Teuku Umar – Jl. Imam Bonjol – Jl. Ahmad Yani. Di tempat finish, mereka dihibur panggung hiburan, bazar produk UMKM, dan doorprize.

Penulis : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.