READING

Peserta CPNS 2019 Wajib Lakukan Hal Ini Sebelum Uj...

Peserta CPNS 2019 Wajib Lakukan Hal Ini Sebelum Ujian SKB

Badan Kepegawaian Negara (BKN) akhirnya merilis jadwal resmi lanjutan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Melalui akun twitternya, panitia seleksi nasional (panselnas) mengingatkan agar para peserta yang lolos sampai tahap Seleksi Kemampuan Bidang (SKB) untuk segera bersiap-siap. Salah satunya yakni dengan melakukan pendaftaran di awal Bulan Agustus mendatang.

Dari jadwal yang disampaikan @BKNgoid, untuk saat ini panitia terpantau sedang melakukan verifikasi data hasil SKD yang diumumkan pada Bulan Maret lalu. Proses ini murni menjadi wilayah kerja panitia seleksi sehingga peserta cukup memantaunya saja. Peserta baru bisa bergerak pada tanggal 1-7 Agustus untuk melakukan daftar ulang untuk mengikuti seleksi lanjutan yakni SKB.

Daftar ulang dilaksanakan di akun masing-masing di sscn.bkn.go.id. Di laman yang sama, peserta bisa melakukan pencetakan kartu ujian SKB pada tanggal 8 Agustus. Pada tanggal 10-14 Agustus, panitia baru melakukan penjadwalan SKB baik pusat maupun daerah. Hasil penjadwalan akan diumumkan pada tanggal 18 Agustus.

Ujian SKB sendiri baru akan dimulai pada tanggal 1 September hingga 12 Oktober 2020. Hasilnya akan dilakukan pengolahan oleh panitia pada tanggal 8-18 Oktober dan dilakukan rekonsiliasi dan pengintegrasian di tingkat pusat hingga tanggal 23 Oktober. Hasilnya akan diumumkan pada tanggal 30 Oktober. Setelah itu proses pengusulan penetapan Nomor Induk Pegawai (NIP).

Di akun Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim sendiri dijelaskan lebih terperinci terkait daftar ulang SKB. Daftar ulang yang dilaksanakan selama seminggu tepatnya pada tanggal 1-7 Agustus ini dilakukan dengan mengakses website SSCN BKN. Di sana para peserta diminta untuk memilih lokasi tes di akun masing-masing.

Peserta bisa memilih melakukan tes di instansi pendaftaran/Kantor regional/ UPT terdekat. Hal ini ditujukan untuk mengurangi pergerakan orang dalam rangka mencegah penyebaran COVID-19. “Misal rumah kamu di bandung dan akan mengikuti SKB di Pemprov Jatim (Surabaya), kamu tidak perlu datang ke Surabaya tetapi bisa memilih lokasi tes di Kanreg III BKN di Bandung,” cuit @bkdjatim.

Panitia mengingatkan betapa pentingnya proses daftar ulang ini. Jika peserta tidak melakukan pemilihan lokasi tes, maka peserta dianggap memilih lokasi tes di tempat instansi pendaftaran. “Bagi peserta yang mengalami masalah login, bisa mengakses help desk website SSCN,” cuitnya.

Pelaksanaan ujian SKB sendiri menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mengutip dari kompas.com, panselnas mewajibkan para peserta untuk mengenakan masker selama berada di lokasi ujian dan saat pelaksanaan tes. Namun bisa jadi setiap instansi di daerah menetapkan aturan tambahan seperti penggunaan face shield maupun sarung tangan. Panselnas sendiri menyerahkan aturan teknis pelaksanaan disesuaikan dengan kondisi di masing-masing titik lokasi ujian.

Untuk pelaksanaan ujian SKB akan dilaksanakan dengan berbasis Computer Asissted Test (CAT). Sedangkan untuk ujian tambahan, diserahkan sepenuhnya ke panitia seleksi daerah. “Waktu dan teknis pelaksanaannya diserahkan ke masing-masing instansi yang telah mendapat persetujuan dan dilaksanakan dalam kurun waktu September-Oktober 2020,” terang Paryono, plt Kepala Biro Humas BKN.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.