READING

Polresta Kediri Beri Hadiah SIM Gratis untuk Warga...

Polresta Kediri Beri Hadiah SIM Gratis untuk Warga, Berikut Syaratnya

KEDIRI – Berbahagialah untuk masyarakat yang berulang tahun pada 1 Juli nanti. Karena bertepatan dengan HUT Bhayangkara ke-74, Korps Lalu Lintas Polri memberikan hadiah khusus berupa pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) gratis. Meski demikian, tetap ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi pemohon.

IPTU Arpan, Kasatlantas Polres Kota Kediri menjelaskan bahwa instansi tempatnya bekerja juga membuka layanan SIM gratis ini. Bahkan tidak cukup satu hari seperti kebanyakan wilayah lain. Berdasarkan pamflet yang disebar, layanan ini dibuka selama delapan hari kerja yakni mulai tanggal 22 hingga 30 Juni nanti. Dasar pelaksanaannya mengacu pada surat telegram Korlantas No. ST/1671/VI/YAN.1.1/2020 tanggal 12 Juni 2020. Tertulis program ini berlaku mulai 14 Juni hingga 3 Juli 2020.

Meski dibuka beberapa hari, jam operasional SIM gratis dibatasi mulai pukul 08.00 sampai jam 12.00 WIB saja. “Jadi harus datang sejak pagi,” terang Arpan kepada Jatimplus.ID melalui pesan WhatsApp.

Menurutnya, tidak ada persyaratan khusus untuk bisa mengikuti program SIM gratis. Yang terpenting pemohon lahir di tanggal 1 Juli dengan dibuktikan oleh e-KTP. Program ini berlaku untuk pemohon SIM baru maupun perpanjangan SIM. Mekanismenya sama dengan pengurusan SIM pada umumnya.

Pemohon SIM baru harus menyertakan surat sehat dan psikotest. Mereka juga baru bisa mendapatkan SIM jika lulus dari ujian teori maupun ujian praktik. “Kami menyiapkan sarana untuk latihan praktik dulu sebelum tes. Silahkan untuk dimanfaatkan,” tambahnya.

Layanan SIM gratis ini tidak hanya untuk warga Kota Kediri saja. Semua masyarakat yang berada di delapan kecamatan di bawah wilayah hukum Polresta Kediri juga bisa ikut merasakannya. Delapan kecamatan yang dimaksud adalah Kecamatan Pesantren, Kecamatan Kota, dan Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Serta Kecamatan Mojo, Semen, Banyakan, Grogol, dan Tarokan, Kabupaten Kediri.

“Semua bisa ikut merasakannya” bebernya.

Arpan menegaskan untuk saat ini pelayanan hanya bisa dilakukan terpusat di mako Satlantas Polresta Kediri yang berada di Jalan Brawijaya Kota Kediri. Pasalnya untuk mobil SIM keliling sendiri saat ini masih dalam masa perbaikan sehingga belum bisa untuk dioperasikan. “Pelayanan terpusat di mako lantas. Silahkan untuk datang sebelum jam operasional layanan gratis berakhir,” tegasnya.

Untuk diketahui, layanan SIM gratis ini hanya diperuntukkan untuk pemohon SIM A dan SIM C. Untuk tarif normal pembuatan SIM A saat ini sekitar Rp 120 ribu dan SIM C 100 ribu. Sedangkan untuk perpanjangan SIM A sebesar Rp 80 ribu dan SIM C Rp 75 ribu. Perlu diingat, tarif tersebut belum termasuk biaya cek kesehatan dan psikotest. Jadi masyarakat masih harus membawa uang untuk biaya dokumen lain-lain yang dilakukan di luar kantor pengurusan SIM.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.