READING

PT Gudang Garam Bagi Ribuan Angpao Lebaran

PT Gudang Garam Bagi Ribuan Angpao Lebaran

KEDIRI – PT Gudang Garam Tbk kembali membagikan angpao lebaran kepada ribuan warga. Sejak Subuh masyarakat telah mengantre di depan pabrik untuk mendapatkan uang tunai sebesar Rp 50.000 per kepala.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, PT Gudang Garam Tbk membagikan angpao lebaran kepada masyarakat luas. Pembagian angpao ini sekaligus menandai berakhirnya hari aktif pekerja pabrik untuk merayakan lebaran.

Sedikitnya 3.509 orang berjubel di depan kantor Unit I PT Gudang Garam di Jalan Semampir, Kota Kediri untuk mendapat angpao. Meski tak pernah diumumkan, masyarakat sudah mengetahui kapan perusahaan rokok terbesar di Kediri ini akan membagikan angpao. “Setiap pekerja pabrik mulai libur, berarti angpao dibagikan,” kata Sulastri, warga Kabupaten Kediri yang menjadi salah satu pengantre, Rabu 29 Mei 2019.

Namun ada yang berbeda dengan pembagian angpao kali ini. Sulastri yang mengantre sejak usai Subuh bersama ribuan orang lainnya terkejut dengan nilai uang yang diterima. Jika tahun-tahun sebelumnya perusahaan memberikan angpao senilai Rp 20.000 per kepala, kali ini melonjak besar hingga Rp 50.000 per kepala. Bahkan anak-anak yang diajak serta orang tuanya juga mendapat hak yang sama.

Antrean warga untuk mendapatkan angpao lebaran senilai Rp 50.000 per orang dari PT Gudang Garam Tbk Kediri. Foto Jatimplus/Hari Tri Wasono

Ibu dua anak ini merasa bersyukur lantaran membawa serta anak dan saudaranya. Sehingga masing-masing bisa membawa uang cukup besar untuk kebutuhan lebaran. “Kami menduga sama dengan tahun lalu,” katanya riang.

Ketatnya penjagaan aparat, serta rapinya pengaturan antrean oleh petugas membuat pembagian angpao itu berjalan tertib. Tak ada satupun warga yang pulang dengan tangan hampa. Bahkan antrian ribuan orang itu bisa dituntaskan hanya dalam satu jam saja. Tepat pukul 07.00 WIB, antrian sudah habis.

Kepala Bagian Humas PT Gudang Garam Tbk Iwhan Tri Cahyono mengatakan peningkatan nilai angpao ini untuk menyesuaikan harga kebutuhan masyarakat sehari-hari. “Ini bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat,” katanya singkat.

Tradisi Sejak Dulu

Pemberian angpao lebaran ini adalah tradisi yang telah dilakukan Tjoa Ing Wie sejak dulu. Pendiri PT Gudang Garam Tbk ini percaya bahwa makin banyak uang yang disedekahkan, usahanya akan makin makmur.

Sikap kedermawanan Tjoa Ing Wie ini bahkan telah dikenal seluruh pekerja dan masyarakat luas sejak perusahaan itu masih seumur jagung. Pengusaha Tionghoa ini bahkan juga tak pernah memarahi pekerjanya. Tak hanya sebagai bos, Tjoa Ing Wie sudah seperti saudara bagi para karyawannya.

Jauh sebelum kesadaran tentang hak perempuan disuarakan, Tjoa Ing Wie sudah melakukan hal luar biasa. Tak hanya mengijinkan karyawan perempuan membawa anak, dia juga menyediakan rumah khusus kepada mereka untuk memberi ASI.

Selama kurun waktu bekerja di tempat itu, para karyawan mendapat waktu menyusui setiap tiga jam sekali. Tempatnya juga dipisahkan agak jauh dari pabrik agar tak mengganggu kesehatan si anak.

Warga menunggu giliran mengantre untuk mendapatkan angpao lebaran dari PT Gudang Garam Tbk. Foto Jatimplus/Hari Tri Wasono

Untuk urusan duit dia juga tak pelit. Meski tak merayakan lebaran Idul Fitri, Tjoa Ing Wie selalu memberikan bonus khusus kepada karyawannya yang sebagian besar Muslim. Pada awalnya mereka mendapatkan satu potong kain jarik dan pakaian untuk setiap karyawan perempuan. Namun belakangan hadiah lebaran itu diganti dengan uang senilai Rp 24 ribu. Sedangkan anak-anak mereka mendapat jatah Rp 5 ribu.

Tak hanya kepada karyawan, kedermawanan Tjoa Ing Wie ini juga berlaku kepada masyarakat di sekitar pabrik dan orang lain. Bahkan kepada 20 keluarga yang berdiam di sekitar pabrik, Ing Wie memberikan jatah lebaran sama persis dengan yang diterima karyawan. “Merekalah yang pertama kali menolong kalau terjadi apa-apa,” kata Tjoa Ing Wie.

Kedermawanan Tjoa Ing Wie memang tak diragukan. Bahkan kepada gelandangan yang setiap hari mondar-mandir di sekitar pabrik dia tak pelit. Setiap lebaran mereka juga mendapatkan sedekah lebaran dari pemilik pabrik. (HARI TRI WASONO)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.