READING

PT KAI Obral Diskon Tiket Untuk Empat Jenis Pekerj...

PT KAI Obral Diskon Tiket Untuk Empat Jenis Pekerja Ini

KEDIRI – PT Kereta Api Indonesia memberikan diskon khusus kepada empat jenis pekerja ini. Cek cara mendapatkannya.

Penerapan tarif khusus (reduksi) ini diberlakukan PT KAI kepada kelompok pekerja tertentu. Mereka adalah lanjut usia (lansia), anggota TNI/Polri, Legiun Veteran Republik Indonesa (LVRI), dan wartawan.

Pemberian harga khusus ini mulai berlaku untuk pembelian tiket kereta api mulai tanggal 1 September 2019. Namun proses pendaftarannya telah dibuka pada besok, Kamis 1 Agustus 2019.

Manager Humas PT KAI Daop VII Madiun Ixfan Hendri Wintoko menjelaskan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi keempat profesi tersebut untuk mendapatkan tiket reduksi. Diantaranya adalah melakukan pendaftaran terlebih dulu di loket Customer Service stasiun terdekat. “Jika di stasiun tidak ada petugas khusus Customer Service, bisa mendaftar di loket perjalanan jarak jauh,” terang Ixfan kepada Jatimplus.ID, Rabu 31 Juli 2019.

Kepada petugas yang dituju, pemohon harus membawa bukti identitas asli yang masih berlaku. Jika berhalangan datang, pendaftaran bisa diwakilkan kepada orang lain dengan syarat membawa pas foto terbaru calon penumpang yang didaftarkan. Ingat, pendaftaran harus dilakukan paling lambat tiga jam sebelum jadwal keberangkatan kereta api.

Ixfan mengatakan registrasi ini cukup dilakukan sekali sampai berakhirnya masa reduksi penumpang yang bersangkutan. Jika masa reduksi sudah habis, dan menginginkan hak reduksi kembali, maka wajib dilakukan registrasi ulang. “Untuk perpanjangan hak reduksi tak perlu membawa fotocopi identitas. Cukup menyebutkan nama, nomor JP, dan nomor identitas saja kepada petugas,” katanya.

Berikut daftar penumpang tarif reduksi yang memerlukan registrasi:

Penumpang Lanjut Usia

Mendaftarkan Kartu Identitas, minimal 60 tahun saat tanggal keberangkatan (mendapat reduksi 20% untuk semua kelas kereta api setiap hari).

Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia

Mendaftarkan Kartu Angota LVRI (mendapat tarif reduksi semua kelas setiap hari dengan besaran Jumat-Senin: 30% dan Selasa-Kamis: 50%  

Anggota TNI Aktif/Siswa Pendidikan TNI

Mendaftarkan Kartu Anggota TNI, mendaftarkan Kartu Tanda Siswa/Surat Keterangan Siswa Pendidikan TNI (mendapat tarif reduksi setiap hari sebesar 25% untuk kereta eksekutif dan 50% untuk kereta bisnis-ekonomi).

Wartawan

Mendaftarkan Surat Tugas Peliputan (mendapat tarif reduksi setiap hari sebesar 20% untuk kelas Bisnis dan Ekonomi)

Print Friendly, PDF & Email

Hari Tri Wasono

Freelance journalist | Press freedom is ur freedom

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.