READING

Puasa di Tengah Wabah Corona, Kenapa Tidak?

Puasa di Tengah Wabah Corona, Kenapa Tidak?

Ibadah puasa ramadan tahun ini menjadi tantangan tersendiri karena dijalankan di tengah wabah virus. Meski demikian kita tetap harus menjaga kondisi tubuh agar tetap fit ya guys. Ada banyak cara lho yang bisa dilakukan demi menjaga kebugaran tubuh meski sedang berpuasa.

Pada dasarnya, puasa hanyalah mengubah jadwal makan dan minum saja. Sesuai aturan yang tertera dalam QS. Al Baqarah : 187, ibadah puasa dilakukan dengan tidak makan dan tidak minum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Selepas itu, kita diperbolehkan untuk makan dan minum seperti biasa.

Momentum itulah yang harus kita optimalkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan kadar yang sesuai kebutuhan harian tubuh. Konsumsi zat gizi yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh. Jadi agar tubuh kita tetap fit ditengah gempuran wabah covid-19, kita harus mengonsumsi gizi seimbang selama ibadah puasa.

Sumber zat gizi yang dibutuhkan yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semuanya dapat diperoleh dari bahan makanan sehari-hari. Zat gizi tersebut dibutuhkan dalam jumlah yang seimbang yaitu sesuai dengan kebutuhan individu berdasarkan usia, status gizi, aktivitas sehari-hari, dan kondisi tubuh yang berbeda-beda.

Instalasi gizi Dr Ciptomangunkusumo melalui layanan informasi masyarakatnya berbagi tips.

Jaga pola makan sehat

Ketika masuk jam buka puasa sebaiknya kita tidak langsung mengonsumsi makanan berat. Hal ini ditujukan agar lambung tidak terkejut setelah seharian tidak bekerja. Makanya kita dianjurkan untuk berbuka dengan makanan pembuka terlebih dahulu. Seperti semangkuk kolak kacang hijau, kurma, dan air putih.

Setelah menunaikan ibadah shalat maghrib, barulah mulai makan menu berat seperti nasi beserta lauk-pauknya. Usahakan untuk menghindari makan berlebihan demi kesehatan. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan tambahan setelah shalat tarawih hingga menjelang tidur. Kita bisa mengonsumsi dua lembar roti dan susu rendah lemak.

Jangan lewatkan waktu sahur

Dan tidak kalah pentingnya, usahakan untuk tidak melewatkan jam makan sahur. Hal ini sangat penting dalam memenuhi asupan gizi tubuh. Bukan tentang kuat atau tidaknya kita menahan lapar selama seharian. Dengan makan sahur, kita tetap bisa menjaga kebugaran dan sistem imunitas kita tetap terjaga.

Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Tidak hanya asupan gizi saja yang penting, kebutuhan cairan tubuh juga menjadi hal yang wajib dipenuhi selama bulan puasa. Setiap hari tubuh manusia membutuhkan setidaknya 2 liter air atau delapan gelas. Di luar itu, asupan cairan bisa didapatkan dari kuah sayur, sirup, jus buah, susu, dan “minuman rasa” lainnya,

Untuk menyiasatinya, kita bisa mengatur jadwal minum agar tidak mudah “kenyang”. Kita bisa mengawalinya dengan satu gelas setelah adzan maghrib, satu gelas setelah shalat maghrib, satu gelas setelah makan berat, setelah salat isya, dan dua gelas sepanjang waktu sebelum tidur. Lalu tidak lupa pula satu gelas setelah bangun tidur, dan satu gelas di akhir sahur.

Selain tentang pola makan dan asupan gizi serta kebutuhan cairan, beberapa hal lain yang perlu diperhatikan adalah gaya hidup sehat.

Cukup Istirahat

Jika asupan gizi dan cairan tubuh telah terpenuhi, alangkah lebih baiknya jika juga tetap menjaga gaya hidup yang sehat selama beribadah puasa. Waktu sahur dan menyiapkan makanan di malam hari membuat waktu istirahat kita berkurang. Untuk itu ganti kekurangan jam istirahat di waktu-waktu yang memungkinkan disela-sela aktivitas.

Berolahraga ringan

Kita juga tetap harus jaga kesehatan dengan berolahraga ringan lho. Bisa dengan jogging, bersepeda santai, hingga yoga. Olahraga ringan ini bisa kita lakukan ketika jam ngabuburit menjelang buka puasa. Jadi tidak ada alasan untuk tidak berpuasa ya guys. Selamat menjalankan ibadah puasa..

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.