READING

Puluhan Desa di Kabupaten Kediri Ikuti Program Ino...

Puluhan Desa di Kabupaten Kediri Ikuti Program Inovasi Desa

KEDIRI – Sebanyak 69 desa di Kecamatan Purwoasri, Papar, Plemahan, dan Kunjang mengikuti Program Inovasi Desa. Melalui program ini diharapkan masyarakat desa mampu meningkatkan kualitas pemanfaatan dana desa.

Program Inovasi Desa yang diikuti empat kluster ini dilaksanakan di Balai Latihan Kerja Kecamatan Plemahan pada 6 Agustus 2019. Program yang diinisiasi pemerintah pusat ini bertujuan mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pemanfaatan dana desa.

“Ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk pembinaan, terkait dengan penyusunan pengelolaan pemanfaatan dana desa agar lebih efektif dan maksimal. Sehingga bisa menciptakan inovasi serta meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Heru Setyawan, Kabid Pemerintahan Desa DPMPD Kabupaten Kediri.

Heru menjelaskan salah satu strategi yang dikembangkan dalam program inovasi desa adalah pengelolaan pengetahuan dan inovasi desa (PPID). Melalui Bursa Inovasi Desa, diharapkan terjadi pertukaran dan pengelolaan pengetahuan hasil pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.  

Program yang disupport oleh Kementerian Desa ini juga menyediakan tenaga pendamping desa dan tenaga ahli tingkat kabupaten, provinsi hingga pusat. Diharapkan melalui pendampingan ini pemerintah desa akan mampu melaksanakan program secara konsisten.

“Melalui Bursa Inovasi Desa ini semua inovasi yang telah dilaksanakan di kecamatan bisa dikelola untuk ditukar dan disebarluaskan ke tempat lain. Harapannya desa yang lain bisa meniru, mengadopsi, dan menerapkan di tempat masing-masing sesuai kebutuhan masyarakat,” tambah Heru Setyawan.

Sebagai bentuk apresiasi, diserahkan pula sertifikat penghargaan kepada empat desa yang telah mampu berinovasi mengembangkan potensi desanya. Keempat desa tersebut adalah Desa Ngampel Kecamatan Papar dengan inovasi “Kotoran Ternak Menjadi Biogas”; Desa Balong Jeruk Kecamatan Kunjang dengan inovasi “Mempercepat Pelayanan Administrasi Melalui Aplikasi Berbasis Android”; Desa Ringinpitu Kecamatan Plemahan dengan inovasi “Sarana Olah Raga Desa”; dan Desa Purwodadi Kecamatan Purwoasri dengan inovasi “Menyiapkan Generasi Brilian di Bidang Keagamaan”.

(Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.