READING

“Raqib Atid”, Malaikat Digital Yang Bisa Dijumpai ...

“Raqib Atid”, Malaikat Digital Yang Bisa Dijumpai di Ponsel Pintar

Siapa sangka jika di era 4.0 ini, malaikat sudah ada versi digitalnya. Jika berdasarkan teori malaikat diciptakan dari nur atau cahaya, malaikat digital ini bisa kita download di Google Play Store. Oleh sang developer, aplikasi ini diberinama “Raqib Atid”. Hingga tulisan ini dibuat, aplikasi ini telah diunduh lebih dari seribu kali.

Dalam Islam, Malaikat Raqib dan Atid bertugas mencatat amal baik dan buruk setiap manusia. Sesuai namanya, aplikasi buatan Mahmud Fauzi ini berisi daftar amal baik dan buruk yang dicatat secara manual oleh pengguna setiap harinya. Cara menggunakannya pun cukup mudah.

Pertama download aplikasi ini di ponsel pintar Anda. Setelah terinstall, kita bisa langsung masuk ke dalam aplikasi tanpa harus mendaftar. Di dalamnya hanya ada dua kolom utama yakni dosa dan pahala. Di kolom dosa ada enam jenis dosa bawaan dari aplikasi yakni “Dosa Lain”, “Ghibah”, “Ngomong Kotor”, “Bantah Orang Tua”, “Ingkar Janji”, dan “Nyuri”. Jika kita melakukan dosa lain diluar pilihan yang disediakan, kita bisa meng-klik “Tambah Jenis Dosa”.

Sedangkan di kolom pahala ada tujuh jenis pahala yang disediakan yakni “Zikir”, “Solat”, “Sedekah”, “Bantu Orang”, “Baca Al Quran”, “Bantu Ortu”, dan “Puasa”. Sama dengan kolom dosa, di kolom pahala kita juga bisa menambah jenis pahala sesuai dengan perbuatan yang kita lakukan.

Untuk mengisinya, pengguna hanya perlu memencet ikon “+” yang ada di bawah masing-masing jenis dosa maupun pahala. Kita tinggal memasukkan berapa kali kita melakukan perbuatan tersebut dalam sehari. Setelah terakumulasi, kita bisa mengecek total perbuatan dosa dan pahala dalam diagram lingkaran.

Kita juga bisa melakukan evaluasi bulanan dengan menggeser layar ke arah kanan. Di sana telah disediakan tampilan dalam bentuk grafik. Dari sistem kerjanya, fungsi aplikasi ini cukup sesuai dengan penjelasan di kolom deskripsi bahwa aplikasi dapat membantu pengguna menjadi pribadi yang lebih baik.

Rating yang disematkan para penggunanya pun relatif baik yakni 4,4 dari poin maksimal 5, meskipun baru ada 36 ulasan di sana. “Nice app bro, sangat membantu! Lebih baik lagi kalau dosa dan pahalanya bisa digeser-geser dan defaultnya bisa diedit. Tapi keren parah sih, lanjutkan,” tulis salah satu pengguna yang sangat supportif.

Ada pula yang membuat ulasan cukup jenaka. “Alhamdulillah setelah memakai aplikasi ini, malaikat raqib dan atid yang biasa nyatat perbuatan saya bisa lebih santai. Kita jadi lebih banyak waktu luang buat ngobrol bareng. Nggak nyesel download nih apk,” tulis Asmar AMR.

Ada pula yang memberikan rating bintang satu dari lima bintang yang disediakan. Mereka memberikan rating buruk karena penggunaan aplikasi ini masih sangat manual dan tidak praktis. Kita bahkan tidak bisa mengingat berapa kali berkata kotor dalam sehari. Belum lagi jika kita melakukan perbuatan dosa yang tidak disadari seperti iri, dengki, hingga dendam yang hanya ada di dalam hati.

“Maaf saya banyak kerjaan daripada ngetik sendiri amalan saya, kan udah ada malaikat aslinya,” terang Fauzi.

Warga net yang mengetahui ada aplikasi nyentrik ini pun memberikan respon yang beragam. Sebagian orang salut dengan ide pembuat aplikasi yang terpikir untuk membuat aplikasi yang demikian. Banyak pula netizen yang menyikapi aplikasi ini dengan komentar lucu dan saling bercanda.

“Lumayan buat pegangan debat sama Munkar dan Nakir” tulis @bogusmarsuave. Munkar dan Nakir sendiri adalah malaikat yang menanyai ruh kita tentang perbuatan selama di dunia ketika kita sudah berada di alam kubur. Sedangkan @axm94s menulis “Entar malaikat raqib atid tinggal liat rekapan di akhir bulan,” tulisnya.

Seorang netizen sempat menanyakan apakah data aplikasi ini bisa dijadikan bahan protes ketika hari perhitungan amal (hari persidangan ketika di akhirat, red). Oleh @zlqdndy pun ditimpali “Nanti bisa jadi bahan naik banding kayaknya. Wkwkwk,” tulisnya. Sedangkan @tangerangnese menulis “Pas di persidangan akhirat, manusia akan beradu data dengan malaikat Raqib-Atid”.

@WirawanAbdul juga sempat menanyakan apakah aplikasi ini terkoneksi dengan server malaikat atau tidak. Karena jika tidak, maka akan sia-sia karena data tidak bisa diakses oleh para malaikat yang berada di langit. “Lah itu ngambil datanya dari cloud akherat bro. Live dan realtime,” sahut @meow_leader.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.