READING

Rekrutmen CPNS Kemenkumham 2018 Ngadat Lagi

Rekrutmen CPNS Kemenkumham 2018 Ngadat Lagi

KEDIRI- Untuk kesekian kalinya proses pelaksanaan rekrutmen calon pegawai negeri sipil di Kementrian Hukum dan HAM (Kemenkumham) tahun 2018 tidak berjalan mulus.

Pengumuman hasil seleksi kompetensi dasar (SKD) dan pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) tidak dapat diakses di website resmi kemenkumham (cpns.kemenkumham.go.id).

Sebelumnya pengumuman hasil SKD dijanjikan akan dihelat Rabu (28/11) malam. Namun pada Kamis pagi (29/11), para pelamar yang berharap cemas hanya menjumpai pesan tidak jelas. Alih alih muncul. Tiap diklik, webiste hanya menampilkan pesan “error”.

Informasi pengumuman kemudian digeser ke alamat cpns kemenkumham.go.id. Tidak ada penjelasan penyebab kendala.

Baca Juga :

Tes CPNS Kemenkumham Ditunda

Ujian Gagal Dilaksanakan

Seperti dikutip dari tribunnews.com, akun twitter panitia penerimaan CPNS Kemenkumham, yakni @cpnskumham, hanya menulis di timeline “alon alon waton klakon”. Sebuah pepatah Jawa yang pesannya meminta semuanya untuk bersabar.

Sementara Badan Kepegawaian Negara (BKN) hanya mengupdate jumlah instansi yang melakukan verifikasi di berbagai level. Level 1 sebanyak 154, level 2 sejumlah 0, level 3 sebanyak 36 instansi dan level 4 sebanyak 363 instansi.

Dipaparkan bahwa fokus SKB menyangkut bidang tugas dan fungsi jabatan yang dilamar.

Adapun ujian SKB meliputi psikotes, tes kemampuan bahasa asing, wawancara serta tes lain yang diperlukan instansi. BKN akan mengumumkan peserta SKB CPNS 2018 di masing masing instansi yang membuka lowongan CPNS 2018. Pengumuman akan disampaikan satu persatu.

Jika pengumuman SKB belum keluar di instansi,  artinya proses verifikasi dan validasi masih berjalan di BKN.

Sementara terkait hasil seleksi komptensi dasar (SKD)  akan diserahkan ke BKN untuk kemudian diumumkan di instansi masing masing. Sebagai pelaksana panitia seleksi nasional CPNS 2018,  BKN akan menangani 4 level verifikasi dan validasi. Hal itu untuk mencegah terjadinya kesalahan data.

Berdasarkan BKN.go.id, SKB CPNS 2018 rencananya akan digelar awal Desember 2018.  Panitia seleksi CPNS daerah diwajibkan menggunakan metode CAT BKN.

Titik lokasi yang rencananya digunakan adalah station CAT kantor BKN Pusat dan seluruh station CAT Kantor Regional dan Unit Pelaksana Teknis BKN di daerah.

Sesuai Permenpan RB No 61/2018, peserta yang lolos SKD mendapat kesempatan ikut SKB. Peserta yang tidak lolos passing grade (PG) awal masih bisa ikut SKB jika ada formasi yang kosong atau tidak terisi oleh mereka yang lolos PG awal.

Kemudian diantara menduduki ranking tiga terbaik untuk setiap formasi yang kosong.  (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.