READING

Rekrutmen Relawan Covid-19 Kota Dibuka Hari Ini

Rekrutmen Relawan Covid-19 Kota Dibuka Hari Ini

KEDIRI – Demi meningkatkan performa penangananan Covid-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri membuka rekrutmen relawan. Total ada 79 orang dengan latar belakang bidang kesehatan yang dibutuhkan. Pendaftaran sudah bisa dilakukan hari ini (09/05) melalui relawan.kedirikota.go.id. Pendaftaran hanya berlangsung selama 4 hari dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 15 Mei mendatang.

“Tenaga relawan ini akan kami tempatkan di RSUD Kilisuci, lokasinya di bekas RSUD Gambiran lama yang kami rebranding untuk kebutuhan rumah sakit tipe C,” kata Abdullah Abu Bakar, Jumat (8/5).

Dari 79 orang relawan yang dibutuhkan, delapan orang diantaranya dibuka untuk formasi dokter umum, spesialis paru, dan spesialis radiologi. Sisanya adalah formasi apoteker, ahli gizi, sanitarian, radiografer, ahli laboratorium medik, dan rekam medik. Lowongan paling banyak untuk perawat yakni sebanyak 48 orang.

“Paling banyak adalah perawat karena RSUD Kilisuci akan digunakan untuk merawat pasien ODP ringan,” jelas Mas Abu.

Sebelumnya, para ODP atau orang dalam pantauan ini menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Namun karena banyak yang tidak melakukannya dengan disiplin, Pemkot berinisiatif untuk mengisolasi mereka secara terpusat di RSUD Kilisuci agar lebih mudah dipantau pergerakannya.

“Jadi nanti kalau ada ODP, langsung dibawa ke rumah sakit jika tidak memungkinkan isolasi mandiri di rumah,” tambahnya.

Rekrutmen relawan ini bersifat tentantif karena khusus menangani para pasien wabah covid-19. Berdasarkan kontrak awal yang dibuat, para relawan akan dipekerjakan selama tiga bulan sejak perjanjian. Namun jika kondisi wabah masih belum membaik, ada peluang kontrak diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.

“Untuk sementara kami kontrak tenaga relawan selama 3 bulan,” pungkasnya dalam siaran pers.

Meski hanya tiga bulan, honorarium yang ditawarkan Pemkot Kediri cukup layak dan menarik. Untuk dokter spesialis bisa mendapatkan gaji Rp 10 juta per bulan. Sedangkan dokter umum dibayar Rp 7 juta per bulan, apoteker dan perawat masing-masing mendapat gaji Rp 6 juta dan Rp 5 juta per bulan. Sisanya mendapat honor mulai dari Rp 4,5 juta hingga RP 3,5 juta per bulan.

Yang perlu diperhatikan selama mendaftar adalah kualifikasi harus sesuai dengan ketentuan. Usia para dokter maksimal 40 tahun sedangkan tenaga kesehatan lainnya maksimal 35 tahun. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bisa menunjukkan STR (Surat Tanda Registrasi) asli yang masih berlaku.

Para relawan juga harus mendapat persetujuan dari keluarga dekat, dan bagi para relawan wanita tidak sedang dalam kondisi hamil serta bersedia untuk tidak hamil selama masa kontrak kerja. Relawan juga tidak boleh berstatus PNS, atau sedang dalam masa rekrutmen CPNS 2019. (pro/Dina Rosyidha)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.