Resep Bikin Hand Sanitizer Sendiri

KEDIRI- Seiring dengan meningkatnya pasien yang positif corona di Indonesia, perburuan masker dan hand sanitizer semakin meningkat. Di toko dan pusat perbelanjaan banyak yang kosong. Kalau pun ada, harganya berkali lipat, bahkan ada yang sampai 5 kali lipat.

Hand sanitizer sangat dianjurkan untuk pencegahan awal penyebaran virus corona melalui tangan. Tak hanya virus corona, hand sanitizer ini pencegah awal untuk mengurangi jumlah mikroorganisme di tangan. Proses pembersihan selanjutnya yang bagus tetap menggunakan air.

Sumber resep dari video Dr. Lany Sapei, dosen Teknik Kimia Universitas Surabaya. Resep ini recommended untuk dipraktikkan.

Menurut Dr. Lany, pada dasarnya resep hand sanitizer ini berbahan utama alkohol yang berfungsi sebagai desinfektan. Agar bisa menjalankan fungsinya, maka konsentrasinya di atas 60%. Alkohol dicampur dengan air sebagai pengencernya dengan perbandingan lebih banyak alkohol agar cairan hand sanitizer lebih mudah menguap.

Bahan selanjutnya lidah buaya, berfungsi sebagai antifungal (antijamur), antibakteri, dan sebagai pengental. Lidah buaya juga berfungsi sebagai pelembut dan pelembab. Lidah buaya sudah ada yang dikemas dalam bentuk gel.

Kalau tak ada, bisa menggunakan tanaman lidah buaya. Caranya dengan mengambil daun lidah buaya kemudian dikupas kulitnya, ambil isinya yang berwarna bening kemudian ditumbuk maka akan menjadi gel lidah buaya (Titik Kartitiani).

Resep hand sanitizer

Bahan:
2/3 cangkir alkohol isoprophyl 95%
1/3 cangkir gel lidah buaya 98%
8-10 tetes essensial oil  (untuk aroma saja)

Alat:
mangkuk untuk mengaduk
sendok
botol spray (bisa bekas parfum)

Cara membuat:

  1. Tuang alkohol ke dalam mangkuk
  2. Tambahkan lidah buaya
  3. Aduk hingga tercampur merata
  4. Tambahkan essensial oil
  5. Aduk rata

Masukkan ke dalam botol spray, hand sanitizer siap digunakan. Sebagai catatan, resep ini menghasilkan hand sanitizer dengan kandungan alkohol 65%.

Print Friendly, PDF & Email

Titik Kartitiani

sunset lover, traveler, writer, and fulltime dreamer :)

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.