READING

Resep Paling Praktis Memasak Sop Daging Sapi

Resep Paling Praktis Memasak Sop Daging Sapi

KEDIRI – Sudah jadi rahasia umum jika kulkas kita akan terisi daging sapi atau kambing usai perayaan Idul Adha. Jika stok daging kalian berlimpah, tak ada salahnya mencoba resep sop daging sapi yang praktis dan gak ribet ini.

Sop daging sapi adalah salah satu menu kuliner yang digemari masyarakat Indonesia. Selain enak, sop daging sapi juga dipercaya membantu kesehatan terutama saat cuaca ekstrim seperti sekarang ini.

Dari sekian resep memasak sop daging sapi yang ada, Jatimplus.ID menyeleksi dua resep yang paling praktis dengan hasil memuaskan. Berikut beberapa langkah mengolah sop daging sapi yang bisa dilakukan siapa saja:

Sop Daging Sapi Rempah

Sop daging sapi rempah. Foto masakanhariini.com

Menu ini bisa dibilang sangat praktis dan mudah dipraktikkan. Kamu hanya membutuhkan bumbu lengkap dengan kaldu sapi untuk membuat kuah sop yang kental dan nikmat.

Bahan utama yang dibutuhkan adalah 1 kilogram daging sapi yang telah diiris berbentuk dadu, serta 500 gram buntut sapi. Selain itu siapkan 5 buah kapulaga, 7 buah cengkeh, 3 buah bunga pekak, 2 batang seledri, 5 lembar daun jeruk, 1 batang kayu manis, dan setengah sendok pala bubuk.

Untuk bumbunya terdiri dari 5 siung bawang putih, 8 siung bawang merah, 1 sendok teh merica bubuk, 1 buah bawang bombay cincang, 1-2 sendok teg garam, serta gula secukupnya.

Cara memasaknya cukup mudah. Rebus air hingga mendidih, masukkan daging dan buntut sapi hingga masak. Buang busanya yang mengapung di atas air dengan cara menyaring.

Selanjutnya rebus lagi kuah bersama daging, masukkan bumbu kasar, masak hingga mendidih. Tumis bumbu halus dengan minyak secukupnya. Setelah matang, tuang bumbu ke dalam kuah rebusan daging. Masak terus hingga dagingnya empuk. Tambahkan gula dan garam secukupnya sebelum mengangkat dari kompor.

Menu ini akan makin nikmat jika disajikan dengan taburan bawang goreng, daun bawang dan sambal.

Sop Daging Sapi Manis

Sop daging sapi manis. Foto crafflog.com

Berbeda dengan sop daging sapi rempah, menu yang satu ini menghasilkan cita rasa sop yang cenderung manis. Biasanya menu seperti ini paling digemari anak-anak.

Bahan yang dibutuhkan adalah 300 gram daging sapi dipotong dadu, 2 buah kentang ukuran sedang yang dipotong dadu, 2 buah wortel yang telah dirajang, 2 batang daun bawang dipotong 1 cm, daun seledri cincang secukupnya, garam, serta merica bubuk.

Untuk bahan kuahnya, siapkan 1 liter air dan 4 sendok makan kecap manis. Sementara bumbu yang dihaluskan terdiri atas 2 siung bawang putih dan 5 buah bawang merah.

Pertama-tama rebus daging hingga empuk. Tumis bumbu halus hingga harum, kemudian masukkan ke dalam rebusan daging. Di saat bersamaan masukkan kentang hingga setengah matang. Susul dengan irisan wortel dan buncis serta kecap manis.

Pastikan semua bahan telah masak dengan sempurna sebelum dihidangkan dengan tambahan daun bawang seledri, garam dan merica bubuk.

Praktis bukan. Selamat mencoba.

print

Hari Tri Wasono

Freelance journalist | Press freedom is ur freedom

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.