READING

Resep Tiramisu Versi Lokal Rasa Internasional

Resep Tiramisu Versi Lokal Rasa Internasional

Tiramisu sebenarnya bukanlah makanan asli Indonesia tapi berasal dari Italia. Namun rasanya yang nikmat cocok di lidah warga lokal. Makanya menu dessert ini banyak diburu sebagai makanan penutup atau pencuci mulut. Sebenarnya bahan-bahannya cukup asing dan relatif sulit didapatkan di sekitar kita seperti biskuit ladyfingers, dan krim keju dari Keju Mascarpone. Meski demikian, jangan sedih. Puguh Kristanto melalui channel youtube-nya mencoba membuatnya dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan lho.

Tahapan yang paling penting dari menu ini adalah pembuatan krim kejunya. Bahan yang dibutuhkan yakni 125 gram cream cheese (bisa menggunakan merek Prochizz atau buatan sendiri), 3 sendok makan gula pasir, 2 kuning telur, satu bungkus whipped cream (bisa bubuk atau cair), dan 250 ml air es.

Cara membuatnya pertama panaskan air dipanci menggunakan api kecil, taruh mangkuk stainless di atasnya. Metode ini biasa disebut double boiler seperti ketika mengencerkan cokelat. Ketika air sudah mendidih dan mangkuk panas, letakkan gula pasir dan kuning telur di atasnya. Aduk-aduk hingga gula larut dan menyatu dengan kuning telur. Ciri-cirinya warnanya berubah menjadi kuning pucat dan teksturnya kental.

“Aduk dengan tempo cepat agar kuning telur tidak menggumpal,” terang Puguh dalam video tutorialnya di channel Puguh Kristanto Kitchen.

Setelah itu angkat dari panci. Masukkan cream cheese ke dalam telur dan aduk sampai rata, sisihkan. Sementara itu buat whipped cream. Jika menggunakan whipped cream cair bisa menggunakan takaran 250 ml. Namun jika menggunakan jenis bubuk, gunakan satu bungkus (bisa merek Pondan) lalu campur dengan air es. Kocok sampai kaku atau bertekstur krim. Campur whipped cream dengan larutan telur yang sudah diproses sebelumnya. Aduk sampai tercampur rata.

Setelah itu siapkan isiannya yakni biskuit dan larutan kopi. Caranya dengan melarutkan satu sendok makan bubuk kopi instan tanpa ampas, 2 sendok makan gula pasir, dan 15 sendok makan air panas. Aduk hingga bubuk larut sempurna. Untuk biskuitnya, kita bisa mengganti ladyfingers dengan biskuit yang mudah didapatkan di toko sekitar. Bisa menggunakan Oreo, Roma Kelapa, ataupun biskuit egg drop merek Monde.

“Jangan takut bereksperimen rek,” tandas Puguh.

Sebelum menaruhnya di loyang, basahi biskuit di dalam larutan kopi. Jangan lama-lama agar biskuit tidak hancur. Masukkan biskuit satu-satu lalu langsung angkat dan tata di dalam loyang. Lakukan sampai membentuk satu lapisan di dalam loyang, kemudian tutupi lapisan biskuit menggunakan krim keju, dan ratakan. Ulangi tahapan ini hingga loyang terisi penuh.

“Pokoknya step-nya biskuit ke kopi lalu krim. Lakukan berkali-kali sampai loyang atau cetakan penuh,” tambahnya.

Di bagian paling atas, hiasi menggunakan sisa krim keju berbentuk bulatan-bulatan kecil agar bentuknya menyerupai tiramisu yang dijual di pasaran. Atau bisa juga tanpa hiasan, cukup taburkan bubuk cokelat di atasnya. Bubuk cokelat bisa diganti menggunakan bubuk Milo atau Chocolatos. Masukkan ke dalam lemari pendingin agar teksturnya padat.

“Makanan ini bisa tahan tiga hingga lima hari kok yang penting ditaruh di kulkas,” pungkasnya. Tiramisu versi lokal pun siap dinikmati.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.