READING

Risoles, Menu Vintage ala Belanda Khas Coffee Stat...

Risoles, Menu Vintage ala Belanda Khas Coffee Station Kediri

KEDIRI – Jajanan risoles sudah tidak asing bagi lidah masyarakat Kediri. Namun tidak banyak kedai kopi yang mau memasukkannya dalam daftar menu makanan. Jika ingin menikmatinya sambil nongkrong dan ngopi, silakan datang ke Coffee Station.

“Walaupun tempat kita ini spesial untuk kopi, makanan pendampingnya dibuat dengan kualitas yang tidak main-main,” terang Arief Priyono, pengelola Coffee Station.

Dan memang benar. Rasa risolesnya bisa diadu dengan produk sejenis dari resto-resto elit di tempat lain. Sejak gigitan pertama, efek “kres”-nya yang ditimbulkan oleh tepung roti yang digoreng garing sudah terasa. Kontras dengan rasa lembut yang dirasakan ketika isi risoles bersentuhan langsung dengan lidah.

Rasa lembut ini muncul dari gabungan bahan yang ada di dalamnya. Mulai dari mayones, wortel, dan telur rebus yang dirajang kecil-kecil. Tidak luput, potongan daging tipis namun tidak pelit melengkapi cita rasa risoles tersebut.

Bukan tanpa alasan Arief menyediakan menu ini di kafe yang dikelolanya. Coffee Station sejak diresmikan Bulan Agustus 2019 langsung menjadikan risoles ini sebagai menu andalan. Pasalnya tema yang diangkat oleh kedai yang berada di Jalan Stasiun, No 24 Kota Kediri tersebut adalah vintage ala Belanda.

Memang dari segi bangunan hingga interior di dalamnya, Coffee Station tetap menjaga keaslian bangunan warisan dari zaman kolonial. Hanya sedikit sentuhan yang diberikan agar bangunan layak dan cacthy untuk dijadikan tempat nongkrong.

Hal ini terlihat dari bentuk bangunan, rangkaian jendela dan pintu hingga bentuk lampu yang masih dipertahankan. Meja bar pun masih menggunakan properti lama berbahan kayu jati belanda yang divernis ulang sehingga tampak baru. Makanya risoles oleh Arief dipilih sebagai menu yang berbau “Belanda” untuk dijadikan pendamping kopi.

“Sangat cocok untuk cemilan sambil ngopi ataupun ngeteh di sini,” beber pria berkacamata tersebut.

Untuk diketahui, risoles sendiri dalam Bahasa Belanda disebut rissole dan baru dikenal di abad ke-13. Awalnya hanya berupa panekuk (adonan terigu) yang digoreng menggunakan mentega atau lemak sapi/babi. Setelah semakin digemari, para koki membuat variasinya dengan menambahkan daging dan sayuran sebagai isi.

Menurut Arief, risoles di kedainya cukup diminati. Sebagian besar pengunjung memesannya bahkan tidak jarang memesan ekstra untuk dibungkus. Selain rasanya yang memang delish, risoles menjadi side dish yang ideal untuk mendampingi kopi yang menjadi menu utama Coffee Station.

“Menu ini bisa dibilang camilan ringan, tapi cukup mengenyangkan. Jadi pas bagi mereka yang laper tapi malas makan berat,” tandasnya kepada Jatimplus.ID.

Memang hampir tidak ada kafe yang menyediakan menu risoles di kedai mereka. Pasalnya perlu usaha ekstra untuk bisa menghidangkannya dalam kondisi segar dan enak. Sejak bahan baku saja sudah harus diracik. Mulai dari membuat kulit lumpianya, meracik isinya hingga menggulungnya menjadi bahan siap goreng.

Barang setengah jadi tersebut juga tidak bisa tahan lama. Jadi ada risiko produk rusak atau setidaknya tidak segar jika disimpan dalam jangka waktu yang lama. “Jadi harus nyetok dan harus segera habis agar kualitas rasanya tidak berubah,” bebernya.

Makanya kedai kopi pada umumnya lebih memilih menu pendamping yang relatif mudah. Seperti nasi goreng, mie goreng, kentang goreng, hingga pasta. Menu yang jamak ada di banyak kafe.

Risoles di Coffee Station dibanderol Rp 18 ribu per porsi. Isinya dua potong risoles. Sejauh ini masih menjadi primadona para pengunjung. Ini terlihat dari seringnya pramusaji yang hilir mudik membawa piring berisi risoles ketika melayani pesanan pengunjung.

“Favoritnya pengunjung yang sudah bekerja. Untuk anak-anak muda usia sekolah, mereka masih pikir-pikir untuk membelinya. Hehehe..” pungkas Arief sambil tertawa.

Reporter: Dina Rosyidha
Editor: Prasto Wardoyo

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.