READING

Saat Orang Hebat Kediri Diganjar Cundamani

Saat Orang Hebat Kediri Diganjar Cundamani

KEDIRI – Tak semua orang bisa menjadi orang hebat. Tetapi orang hebat bisa lahir dari mana saja. Termasuk dari lini masyarakat Kota Kediri yang selama ini kerap luput dari perhatian.

Sebagai apresiasi kepada orang-orang berprestasi dan berjasa bagi sesama, Pemerintah Kota Kediri menganugerahkan penghargaan Satya Yasa Cundamani. Sebuah penghargaan tertinggi yang diberikan Pemerintah Kota Kediri kepada orang-orang dengan prestasi dan dedikasi luar biasa. “Satya Yasa Cundamani ini penghargaan tertinggi kami kepada warga Kediri yang berprestasi dan berjasa bagi kehidupan masyarakat,” kata Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar kepada Jatimplus, Selasa 11 Desember 2018.

Abdullah mengatakan Satya Yasa Cundamani merupakan catatan bagi Pemerintah Kota Kediri dan masyarakat tentang prestasi yang diraih warganya. Selama ini banyak orang-orang hebat yang lahir dan berkarya secara mandiri tanpa meminta dukungan pemerintah daerah. Mereka berjuang sendiri hingga ke luar negeri hingga menorehkan prestasi gemilang yang membawa nama baik tanah kelahiran.

Salah satunya adalah prestasi seorang pelajar perempuan yang meraih kemenangan di kompetisi karate Eropa. Prestasi inilah yang akan diganjar oleh Pemerintah Kota Kediri melalui gelaran Satya Yasa Cundamani. “Masih banyak warga kita yang memiliki prestasi besar. Kepada mereka penghargaan ini kami berikan,” kata Abdullah.

Dalam penganugerahan tahun ini, Pemerintah Kota Kediri akan memberikan penghargaan kepada lima kategori. Yakni perorangan sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan sekolah menengah atas. Selain itu ada kategori perorangan umum dan kategori khusus berdedikasi.

Untuk menjaga obyektivitas pemilihan, telah dibentuk kurator khusus yang memiliki keahlian di beberapa bidang. Selain mendapat penghargaan, para penerima Satya Yasa Cundamani ini juga akan mendapat berbagai kemudahan. “Ini juga bisa dijadikan pertimbangan untuk mendaftar sekolah bagi penerima pelajar,” kata Abdullah.

Malam penganugerahan Satya Yasa Cundamani yang akan digelar besok Rabu, 12 Desember 2018 di Ballroom IKCC ini merupakan kedua kali. Tahun lalu penghargaan serupa juga diberikan kepada perorangan atau kelompok yang memiliki prestasi besar. Kala itu para pemenang menerima sebuah medali berlapis emas dengan diameter tujuh centimeter.

Pemberian penghargaan semacam ini menuai apresiasi masyarakat luas. Tak hanya menjadi kebangaan, para penerima Satya Yasa Cundamani juga dituntut bertanggungjawab atas penghargaan yang diterima.

Namun sayangnya, hingga kini momen spesial tersebut belum memiliki payung hukum sebagai gelaran wajib pemerintah daerah. Diharapkan Pemerintah Kota Kediri akan menerbitkan regulasi khusus agar penghargaan Satya Yasa Cundamani ini bisa berlangsung terus menerus. (*)

print

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.