READING

Salah Kaprah Penggunaan Disinfektan Untuk Sterilis...

Salah Kaprah Penggunaan Disinfektan Untuk Sterilisasi Ruangan

Saat ini masyarakat Indonesia sudah mulai memanfaatkan aplikasi TikTok untuk menyebarkan informasi positif. Namun bagaimana jadinya jika justru informasi yang terkesan positif ini malah salah kaprah dan menyesatkan?

Seperti video TikTok yang diunggah salah satu influencer berinisial DS. Melalui video berdurasi 18 detik ini, DS menunjukkan bagaimana cara membuat ruangan menjadi steril dari virus corona.

Di detik pertama, perempuan berpotongan rambut pendek ini menyebutkan “Anti coronavirus check” lengkap dengan tulisan “Tips ruangan bersih dari VIRUS/BAKTERI/DEBU”. DS pun memperagakan bagaimana cara menggunakan cairan disinfektan untuk mensterilkan ruangan.

“Pertama sediain aqua (air mineral, red) steril. Sediain Dettol. Tuang secukupnya. Shake (kocok, red),” ujarnya sambil memperagakan setiap tahap yang disebutkannya.

Setelah itu, DS pun menuangkan cairan Dettol tersebut ke dalam diffuser (alat untuk mengubah cairan menjadi uap). Hingga tulisan ini dibuat, video tersebut sudah diputar hampir 2 juta kali.

Diffuser sendiri biasanya diisi oleh campuran air dengan minyak esensial. Ketika dinyalakan dengan menggunakan energi listrik, uap yang sudah tercampur aroma terapi pun menyebar ke seluruh ruangan. Membuat penghirupnya menjadi lebih rileks dan tenang.

Video TikTok DS pun sontak menghebohkan netizen. Tips yang dilakukannya dianggap cukup nyeleneh. Banyak netizen yang kemudian membuat video tandingan untuk menganulir penjelasan dan tips yang disarankan DS. Bukannya mencerahkan, video tips tersebut dianggap justru membahayakan orang-orang awam.

Salah satu netizen yang mengaku sebagai perwakilan dari mahasiswa kedokteran pun mencoba menjelaskan bahwa apa yang dilakukan DS sangat berbahaya. Pasalnya Dettol adalah cairan disinfektan yang hanya disarankan untuk penggunaan luar saja.

“Dari informasi keselamatan di website Dettol sendiri disebutkan hanya untuk kegunaan luar saja,” terang @ekidarehanf mengutip melalui videonya.

Ekida pun menegaskan mengapa Dettol sangat berbahaya jika masuk ke dalam tubuh. Dari komposisi cairan disinfektan ini mengandung chloroxylenol. Zat kimia ini jelas-jelas bisa menyebabkan iritasi pada kulit, mata, dan saluran pernafasan.

Saking kerasnya kandungan di dalamnya, masyarakat yang berkulit sensitif disarankan untuk mencampur cairan Dettol dengan air ketika menggunakannya. Hal ini ditujukan untuk mengurangi potensi iritasi pada kulit.

Jika Dettol mengenai kulit, harus segera dicuci dan dibersihkan menggunakan air. “Kalau dimasukkan ke diffuser berpeluang besar masuk ke dalam paru-paru. Bagaimana cara ngebersihinnya,” tambah Ekida.

Hal yang sama juga dilakukan akun TikTok @ayieb92. Pria berkacamata ini juga menyayangkan video TikTok yang ngawur tersebut. Dengan penjelasan yang hampir sama, Ayieb meminta DS semakin berhati-hati dalam membuat video.

Terlepas apakah DS sengaja membuat video tersebut agar akun TikToknya semakin dikenal, banyak netizen yang mengecam video viral yang salah kaprah tersebut. Mengingat follower akun TikTok DS cukup banyak yakni 31,5 ribu pengikut, dikhawatirkan DS justru menjadi sumber hoaks dan memicu terjadinya keracunan massal.

Untuk para netizen juga harus semakin berhati-hati dalam mencerna sebuah informasi ya. Jangan sampai kita menjadi pengikut sembarang influencer dan menelan bulat-bulat informasi yang beredar di dunia maya. Harus dikroscek terlebih dahulu ke orang-orang yang ahli di bidangnya.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.