READING

Santri Al-Aqobah Jombang Sempat Sholat Hajat Sebel...

Santri Al-Aqobah Jombang Sempat Sholat Hajat Sebelum B.J. Habibie Meninggal

JOMBANG – Presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dunia setelah 11 hari dirawat di RSPAD Gatot Soebroto. Pagi tadi ratusan santri Pondok Pesantren Al-Aqobah Diwek, Jombang sempat mendoakan kesembuhan almarhum.

Beberapa jam sebelum wafatnya B.J. Habibie, para santri Pondok Pesantren Al-Aqobah telah berkumpul di halaman sekolah untuk melaksanakan sholat dhuha dan sholat hajat. Mereka juga melakukan istighotsah serta doa bersama untuk kesembuhan B.J. Habibie.

Pengasuh Pondok Al-Aqobah, KH Ahmad Kanzul Fikri, menjelaskan doa bersama yang dilakukan pagi tadi bersama para santri dimaksudkan untuk kesembuhan Habibie. Sebagai tokoh bangsa, almarhum banyak memberikan inspirasi bagi santri. “Baik dari segi keilmuan maupun mengelola rumah tangga,” tutur KH Ahmad Kanzul kepada Jatimplus.ID, Rabu 11 September 2019.

Besarnya nilai yang ditanamkan B.J. Habibie inilah yang membuat doa bersama dan sholat hajat di Ponpes Al-Aqobah diikuti ratusan santri. Bersama dewan guru dan pengurus Pesantren Al-Aqobah, mereka mendoakan kesembuhan untuk Habibie, meski Tuhan berkehendak lain.

Di mata KH Ahmad Kanzul, sosok Habibie adalah tokoh yang sangat menginspirasi. Pengetahuannya tentang teknologi mampu membuat decak kagum bangsa lain. Tak berlebihan jika para santri banyak membaca buku biografi dan menonton film Habibie Ainun yang fenomenal. “Dari membaca dan menonton film itu, banyak santri yang ingin meniru jejaknya,” tutur Ahmad Kanzul.

Kabar wafatnya B.J. Habibie ini mengejutkan banyak pihak, termasuk santri Ponpes Al-Aqobah di Jombang. Mereka sempat tak mempercayai kabar tersebut lantaran sempat beredar hoax seputar meninggalnya Habibie pagi tadi.

Pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan, 25 Juni 1936 itu meninggal akibat penyakit yang dideritanya. Sebelum meninggal, keluarga dekat sudah berkumpul di RSPAD Gatot Soebroto, tempat Habibie dirawat. Informasi mengenai Habibie meninggal dunia disampaikan putra Habibie, Thareq Kemal. Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal di usia 83 tahun. Sebelum menjabat Presiden RI ke-3, almarhum pernah menjabat Wakil Presiden ke-7, menggantikan Try Sutrisno. Habibie dilantik menjadi presiden menggantikan Soeharto pada tanggal 21 Mei 1998 usai terjadinya gonjang ganjing politik tanah air.

Dari sekian banyak presiden Indonesia, B. J. Habibie merupakan satu-satunya Presiden yang berasal dari etnis Gorontalo, Sulawesi. Ayahnya berasal dari Kabila, Gorontalo, sedangkan ibunya berdarah Jawa dari Yogyakarta.

Saat ini Pemerintah Provinsi Gorontalo telah menginisiasi dibangunnya monumen B.J. Habibie di depan pintu gerbang utama Bandar Udara Djalaluddin Kabupaten Gorontalo. Selain itu, masyarakat Provinsi Gorontalo juga mengusulkan nama B.J. Habibie sebagai nama universitas negeri, menggantikan nama Universitas Negeri Gorontalo.

Reporter : Syarif Abdurrahman
Editor : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.