READING

Satu Ton Ikan Dari Prigi Untuk Para Nakes Kota Ked...

Satu Ton Ikan Dari Prigi Untuk Para Nakes Kota Kediri

KEDIRI – Tidak ada sembako, ikan pun jadi. Begitulah yang dilakukan Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi, Trenggalek dalam membantu penanganan covid-19. Instansi yang berada di ujung selatan Provinsi Jawa Timur ini menyumbangkan satu ton ikan kepada para tenaga kesehatan (nakes) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri.

Jenis ikan yang disumbangkan berupa tongkol lisong atau rengis. Ikan dengan berat total sekitar satu ton tersebut dikemas dalam 100 boks dengan berat masing-masing 10 kg. Bantuan tersebut diserahkan oleh Abdul Iman, Kasi Kesyahbandaran PPN Prigi kepada Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar di Balai Kota Kediri (20/05).

Sumbangan dalam bentuk ikan memang belum banyak dilakukan oleh instansi lain. Namun karena Presiden RI menginstruksikan kepada masyarakat untuk memperbanyak konsumsi ikan selama wabah, PPN Prigi pun bergerak cepat menyumbangkan ikan yang dimiliki kepada mereka yang membutuhkan.

“Kami punyanya ikan, makanya itu yang kami donasikan ya ikan-ikan ini untuk para nakes Kota Kediri,” kata Iman.

Iman yakin jika bantuan ikan ini akan sangat berguna untuk para nakes dan jajaran. Pasalnya mereka inilah yang tenaganya paling habis terkuras selama pandemi. Untuk menjaga kondisi diri tetap fit, mereka jelas membutuhkan asupan makanan yang sehat dan seimbang.

“Meski terinspirasi dari instruksi presiden, bantuan ikan ini tidak mengambil dana dari APBN,” tambahnya.

PPN Prigi bukan tanpa alasan memberikan bantuan ikan ini kepada RSUD Gambiran. Menurut Iman, Kota Tahu dipilih karena lokasinya jauh dari sumber ikan laut segar. Selain berniat membantu, pemberian ikan ini sekaligus sebagai kampanye agar masyarakat semakin gemar mengonsumsi ikan.

“Selain baik untuk imun tubuh, bantuan ikan ini juga untuk menyerap hasil tangkapan para nelayan,” tambahnya.

Sementara itu, Mas Abu sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan yang disampaikan PPN Prigi. Meski terpisah jarak, Pelabuhan yang berada di Kota Keripik Tempe ini tidak melupakan para nakes yang berada jauh dari sumber ikan segar dan mau bersusah payah mengantarkannya.

“Nakes memang garda terdepan, yang ditemui penyakit semua. Mau nggak mau mereka harus makan bergizi salah satunya ya ikan yang berprotein tinggi ini,” jelas Mas Abu.

Tidak hanya untuk para nakes yang terpusat di RSUD Gambiran saja. Dipastikan seluruh nakes yang tersebar di puskesmas dan rumah sakit lain yang menjadi rujukan pasien corona lapis kedua mendapatkannya.

“Nanti dari RSUD Gambiran akan kami salurkan ke tenaga medis di puskesmas dan RS lain yang juga menangani pasien covid-19,” tutup Fauzan Adima, Direktur RSUD Gambiran yang ikut hadir dalam kegiatan pemberian bantuan. (pro/Dina Rosyidha)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.