READING

Sekolah Libur Lagi, Nak, Sampai Entah Kapan

Sekolah Libur Lagi, Nak, Sampai Entah Kapan

KEDIRI- Belajar di rumah yang sedianya berakhir pada tanggal 5 April 2020 diperpanjang lagi hingga batas waktu yang belum ditentukan. Kepala Dinas Pendidikan Kota Kediri, Drs. H. Siswanto , M.Pd mengerluarkan surat edaran No. 420/595/419.109/2020 yang menyatakan bahwa proses belajar dari rumah peserta didik PAUD, SD, SMP, PKBM, LKP, SKB, dan English Massive (Emas) yang sedianya berakhir pada tanggal 05 April 2020, diperpanjang sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan.

Selain itu, tugas-tugas yang diberikan kepada peserta didik dalam masa belajar di rumah, diprogramkan sesuai kurikulum yang berlaku. Tugas tersebut mempertimbangkan waktu dan tingkat kesulitan sehingga tidak memberatkan peserta didik, baik dari aspek teknis maupun substansi pembelajaran.

“Bapak/Ibu Guru yang saya cintai, jangan memberikan PR yang berlebih,” imbau Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar melalui video yang beredar, 03/04/2020. Mas Abu mendapat curhat-an dari orang tua murid bahwa mereka ikut stres karena PR-nya sangat banyak. Bagaimana pun, bila dikerjakan di rumah maka orang tua pun ikut mengerjakan.

Selanjutnya, Siswanto melalui surat edarannya menulis bahwa guru memberikan tugas dari rumah, guru tidak perlu hadir di sekolah sehingga guru tetap tinggal di rumah. Yang perlu dilakukan, selama masa belajar di rumah, Kepala Sekolah dan Guru melakukan komunikasi secara intensif dengan orang tua/wali peserta didik. Tujuannya untuk memberikan dukungan moral, material dan spiritual sepenuhnya kepada putra/putrinya demi kelancaran dan keberhasilan proses pembelajaran yang dilaksanakan di rumah.

Tak hanya itu, guru juga harus memberikan informasi-informasi terkait Covid-19 kepada peserta didik sehingga siswa memahami tentang hal-hal yang penting terkait Virus Corona.

“Mudah-mudahan wabah corona akan segera kita lewati dan mohon tetap di rumah saja,” kata Mas Abu (Titik Kartitiani).

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.