READING

Self Love, Rahasia Menjaga Kewarasan Mental dan Hi...

Self Love, Rahasia Menjaga Kewarasan Mental dan Hidup Bahagia

Di era merebaknya media sosial (medsos) seperti sekarang membuat tekanan hidup terutama dari segi psikis menjadi semakin berat. Pasalnya kita bisa melihat berbagai jenis postingan termasuk di dalamnya gaya hidup seseorang mulai dari teman-teman yang kita kenal hingga para artis dan tokoh publik hanya melalui medsos.

Dari postingan-postingan yang ada di medsos, sedikit banyak kita pasti akan membandingkan hidup kita dengan orang lain. Ketika melihat gap yang semakin besar inilah yang kemudian membuat kita menjadi tidak nyaman dengan kehidupan kita sendiri dan berangan-angan memiliki kehidupan yang sama indahnya dengan yang ditunjukkan orang-orang di medsos.

Atau banyak pula orang yang menjadi tidak percaya diri dengan tubuhnya karena melihat banyak foto-foto selfi perempuan cantik bertebaran di medsos. Mereka yang tidak masuk kategori cantik menurut society pun kemudian menjadi minder dan tidak percaya diri dengan tubuh mereka. Kondisi ini membuat banyak orang kemudian melakukan segala cara demi mendapatkan hal yang dianggap cantik.

Salah satu hal yang cukup mengemuka beberapa waktu lalu adalah banyak orang yang justru kulitnya rusak akibat menggunakan lotion pemutihyang ternyata mengandung bahan kimia berbahaya. Mereka terobsesi untuk bisa seputih artis-artis atau tokoh publik yang cantik. Makanya kemudian beberapa artis pun mencoba untuk menyerukan self love terhadap tubuhnya.

Self love adalah upaya untuk mencintai diri sendiri. Seperti yang dilakukan artis cantik Tara Basro dan Chef Renata. Keduanya dianggap berhasil menunjukkan kepada publik bahwa menjadi cantik dan terkenal tidak harus berkulit putih. Tidak hanya berfokus pada bentuk fisik, kedua public figure inipun berhasil menunjukkan “nilai” mereka dari kemampuannya.

Cara menumbuhkan self love pada diri sendiri ini gampang-gampang susah. Tergantung dari kemampuan dan ketahanan psikologi masing-masing.  Namun hal mendasar yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan rasa puas terhadap diri yang pertama adalah hindari melakukan hal yang bisa menumbuhkan insecurity.

Ketika kekhawatiran muncul karena terlalu membandingkan hidup kita dengan orang lain, maka kurangi mengikuti akun media sosial orang-orang yang hanya senang pamer saja tanpa ada hal positif yang bisa diambil darinya.  Ikuti akun-akun public figure yang bisa menumbuhkan vibes positif dan inspirasi baru. Vibes diartikan sebagai suatu keadaan atau suasana yang dapat membuat orang lain terpengaruh.

Jika misalkan kita memiliki tubuh gemuk, kita bisa mengikuti akun sesama pemilik tubuh big size. Biasanya dari sana, kita bisa mendapatkan energy positif yang relate dengan kondisi kita di kehidupan nyata. Bahkan tidak jarang mereka juga berbagi tips berpakaian yang tetap modis meski bertubuh gemuk.

Begitu pula untuk para pemilik kulit sawo matang hingga gelap, bisa mengikuti para influencer yang memiliki kulit senada agar bisa belajar bagaimana bisa tetap tampil menawan meski tidak berkulit putih. Tidak untuk mencontoh mereka sepenuhnya, kita bisa mengambil hal-hal yang positif yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Satu hal yang harus diingat bahwa setiap manusia pasti memiliki kekurangan. Entah itu di fisik, karakter, hubungan, hingga kondisi ekonomi. Jadi, berhenti membanding-bandingkan hidup kita degan orang lain karena setiap orang memiliki ujiannya masing-masing. Kita harus yakin bahwa meski kita memiliki kekurangan di satu hal, kita memiliki kelebihan di hal lain yang orang lain belum tentu punya. Jadi kita harus menghargai apapun yang kita miliki.

Selain itu, kita juga harus mau mengeksplore kemampuan kita. Jangan hanya berfokus pada tampilan lahiriah saja karena inner beauty hingga saat ini masih berlaku. Sebut saja Chef Renata dan Tara Basro yang bisa bersinar di bidangnya masing-masing. Selain mengasah skill, jangan lupa untuk selalu melakukan me time.

Dengan menjalankan hobi di tengah kesibukan, pikiran kita akan selalu fresh dan tetap positif. Apapun bisa dilakukan sesuai dengan kesenangan kita misalkan membaca, berolahraga, menonton film, jalan-jalan atau sekedar ngopi sambil berbincang ringan bersama teman dekat.

Ada banyak hal positif yang bisa didapatkan ketika kita bisa menerapkan self love pada diri sendiri. Ketika kita puas dengan kondisi diri, secara otomatis pasti akan muncul rasa percaya diri dan selalu berpikir positif. Hal ini sangat baik bagi kesehatan mental yang semakin hari semakin rentan karena ditekan oleh standar gaya hidup masyarakat.

Kondisi psikologis yang positif ini pasti akan menularkan positif vibes ke orang-orang di sekitar kita. Kita juga bisa mulai mencintai orang lain seperti orang tua, saudara, hingga pasangan  dengan sepenuhnya karena sudah tidak disibukkan dengan kekhawatiran-kekhawatiran pribadi. Jadi mari kita mulai mencintai diri sendiri.

Penulis: Dina Rosyidha
Editor: Titik Kartitiani

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.