READING

Serbu Cantelan Sayur Gratis, Warga Tetap Tertib Ja...

Serbu Cantelan Sayur Gratis, Warga Tetap Tertib Jaga Jarak

KEDIRI – Aksi sosial “cantelan sayur” gratis terus bergaung di lingkungan Kota Kediri. Selain dilakukan per individu masyarakat dan kelompok ibu PKK, bantuan berupa paket sayur gratis ini juga dilakukan pejabat pemerintah maupun swasta di Kecamatan Mojoroto. Aksi ini terpantau mulai berlangsung sejak awal Bulan Juni lalu.

Ada sekitar 150 paket sayur segar yang digantung di depan kantor Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri setiap paginya. Setiap paket yang terbungkus plastik putih ini berisi bahan lauk-pauk seperti tahu-tempe dan sayuran segar seperti kangkung, kacang panjang, taoge, wortel, terong, hingga daun kelor. Nilainya sekitar Rp 10 ribu per paket.

Paket sayur mulai bisa diakses sekitar pukul 07.30 WIB. Mengingat lokasinya cukup strategis membuat catelan sayur ini langsung diserbu warga sekitar. Tidak hanya warga yang berasal dari Mojoroto saja, ada banyak masyarakat dari luar kecamatan yang ikut menikmati sayur gratis ini. Pasalnya letak cantelan sayur ada di pertigaan jalan antara Pasar Bandar dan Polres Kediri Kota yang ramai di pagi hari.

Agar tidak terjadi kerumunan, petugas meminta masyarakat untuk membuat antrian dengan jarak aman. Antrian pun mengular hingga halaman kantor kecamatan. Hanya dalam hitungan menit saja, cantelan sayur pun ludes. “Kalau saya mengamati, cantelan sayur ini cepat habis. Artinya masyarakat banyak yang butuh,” terang M. Ridwan, Camat Mojoroto sekaligus inisiator “cantelan sayur” gratis ini.

Masyarakat berusaha tertib dengan membuat antrian berjarak aman

Ridwan menjelaskan bahwa aksi sosial “cantelan sayur” ini murni sumbangan personal bukan lembaga. Niat awal disampaikan Ridwan kepada para stafnya di lingkungan kantor kecamatan. Ternyata respon positif didapatkannya. Makanya Ridwan pun kemudian mengajak para lurah di kawasan Kecamatan Mojoroto untuk berdonasi.

“Sekarang juga beberapa karyawan kantor sekitar mulai ikut partisipasi,” tambahnya.

Menurut Ridwan, memang sudah banyak program bantuan yang diberikan kepada masyarakat selama pandemi. Baik dari pusat, provinsi, dan pemkot. Namun tidak semua kebutuhan bisa tercukupi dari bantuan yang nominalnya terbatas. Apalagi untuk mereka yang anggota keluarganya banyak. Makanya Ridwan mencoba untuk memantik dan membudayakan jiwa berbagi yang sebetulnya sudah ada di masyarakat.

“Cantelan sayur di papan depan kecamatan hanya sebagai pemantik. Harapannya program ini dilakukan di setiap RT,” bebernya.

Pagi ini, staf dari BRI Unit Pasar Bandar juga ikut berpartisipasi dalam aksi sosial “cantelan sayur” gratis yang digelar di kloter kedua sekitar pukul 08.30 WIB. Sama seperti kloter sebelumnya, sesaat setelah sayuran digantung, warga yang mengetahui langsung mengambil.

“Ini amal dari staf kami. Kami mencari uang di sini, maka kami juga berbagi rezeki di sini. Sekaligus untuk tolak bala agar pandemi ini segera berlalu,” kata M. Riza Nurdhin, Kepala BRI Unit Pasar Bandar. (pro/Dina Rosyidha)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.