Serpihan Surga di So Long Banyuwangi

Jika matamu terpejam dan masih melihat pemandangan indah saat membuka kembali, kamu tidak sedang berada di surga, melainkan di So Long.

BANYUWANGI –  So Long adalah nama sebuah tempat wisata di Banyuwangi, Jawa Timur. Nama So Long diadaptasi dari nama Jalan Solong yang menjadi salah satu ruas gang di Jalan Yos Sudarso.

Jika mengikuti Google Maps, tak sulit menemukan obyek wisata ini. Lokasinya berada di sebelah kiri jalan dari arah Situbondo, atau sebelah kanan dari pusat Kota Banyuwangi. Terdapat papan kecil bertuliskan Villa So Long di depan gang yang hanya mampu menampung satu buah mobil. Nah, Villa So Long ada di ujung gang kecil itu.

Meski bernama villa, So Long sebenarnya lebih menyerupai cottage. Beberapa bangunan rumah dibangun terpisah satu sama lain dalam satu area yang sangat luas. Semuanya menghadap ke pantai dengan pemandangan Selat Bali. Dari tempat ini, Pulau Bali terlihat cukup jelas meski berbentuk pegunungan.

Tak hanya menjual arsitektur rumah yang etnis, desain kamar dirancang menghadap ke pantai sehingga pemandangan laut bisa dinikmati dari atas ranjang. Uniknya, meski menghadap ke pantai, tak ada angin kencang di So Long. Bahkan suara deburan ombak hanya terdengar di malam hari saat tak ada aktivitas pengunjung. Pantai di tempat ini benar-benar tenang dan menjanjikan kedamaian.

Deretan pohon kelapa yang berjajar di atas hamparan rumput hias mewarnai halaman cottage. Di atasnya berserak bangku malas dan hammock yang siap mengayun diterpa angin sepoi. Dari sini aktivitas nelayan dan kapal laut terlihat dengan jelas.

Meski berada di pantai, lokasi ini jauh dari kesan kumuh. Kamu serasa memiliki pantai sendiri yang bebas dari hilir mudik pengunjung lain. Ini lantaran pengelola So Long hanya mengijinkan tamu yang bermalam di villa yang boleh bermain di area pantai.

Ada beberapa jenis villa yang bisa kamu pilih untuk menginap. Mulai ukuran personal dengan dua tempat tidur, hingga family room yang mampu memuat hingga 16 orang sekaligus. Di musim liburan ini harga sewanya cenderung naik. Villa personal yang biasanya dibanderol satu juta rupiah naik menjadi Rp 1,5 juta. Sedangkan family room dengan kapasitas standart 6 orang dibanderol tiga juta rupiah plus penambahan ekstra bed hingga 16 orang. Satu ekstra bed dipatok tiga ratus ribu rupiah. Harga tersebut sudah termasuk paket sarapan pagi di restoran yang buka hingga malam.

Kalau tak ingin berenang di pantai, ada kolam renang yang bisa kamu pakai di samping restoran. Kolam renang ini hanya dipergunakan penghuni villa sehingga cukup leluasa untuk berenang kapan saja.

Kamu juga bisa berkeliling area dengan sepeda angin yang disediakan secara cuma-cuma oleh pengelola tempat. Menyusuri jalanan berkelok yang ditata rapi di area cottage menjadi pengalaman tak terbeli bagi siapapun. Karena setiap sudut So Long adalah keindahan.

Penulis : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.