READING

Siaga Corona, Pasar Tradisional Kediri Tetap Buka

Siaga Corona, Pasar Tradisional Kediri Tetap Buka

KEDIRI – Pemerintah Kota Kediri memastikan seluruh pasar tradisional tetap buka meski dalam situasi siaga Corona (Covid-19). Dinas Pasar menyediakan fasilitas cuci tangan di pintu masuk pasar untuk menjaga kebersihan.

Direktur Utama PD Pasar Joyoboyo, Ichwan Yusuf mengatakan status siaga penyebaran virus Corona tidak mempengaruhi aktivitas perdagangan di pasar tradisional Kediri. “Semua pasar tradisional kami jamin akan tetap operasional seperti biasa, yang penting cuci tangan sebelum masuk pasar di tempat yang sudah kami sediakan,” kata Ichwan, Sabtu 21 Maret 2020.

Ichwan meminta kepada masyarakat untuk tidak mengkhawatirkan stok kebutuhan pokok selama situasi siaga Corona. Pemerintah menjamin ketersediaan sembako dan aktivitas perdagangan seperti biasa.

“Warga tidak perlu khawatir karena semua kebutuhan pokok stoknya masih aman. Tidak perlu panik dan melakukan aksi borong sembako,” kata Ichwan.

Pemerintah juga menjamin keselamatan dan keamanan warga yang berbelanja di pasar tradisional dengan penerapan standar protokolo penanganan Covid-19. Sebelum masuk ke dalam pasar, sudah tersedia sarana cuci tangan di pintu masuk. Warga diminta mematuhi protokol itu untuk menjaga kesehatan selama berbelanja.

Selain itu, tim penanggulangan Covid-19 Kota Kediri juga terus melakukan penyemprotan desinfektan di tempat umum seperti pasar, terminal, dan stasiun. “Penyemprotan dilakukan saat operasional pasar tutup,” kata Ichwan.

Bioskop Tutup

Upaya pengendalian wabah Covid-19 yang lain dilakukan dengan menutup operasional gedung bioskop di Kota Kediri. Instruksi ini disampaikan sendiri oleh Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kepada para pengelola gedung bioskop. Di Kediri, terdapat tiga gedung bioskop yang beroperasi, yakni XXI, CGV Cinemas, dan Golden Theater.

“Kota Kediri menjadi penghubung bagi daerah sekitar, di mana banyak orang berdatangan ke sini. Harus lebih waspada,” kata Mas Abu, panggilan Abdullah Abu Bakar.

Pelarangan operasional bioskop ini direspon positif pengelola bioskop. Mereka menyadari situasi ini dan tidak berkeberatan menghentikan sementara bisnisnya.

(Hari Tri Wasono)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.