READING

Siasat Peternak Ikan Cupang Kediri Hadapi Pandemi

Siasat Peternak Ikan Cupang Kediri Hadapi Pandemi

KEDIRI – Musim pandemi Covid-19 tak serta merta membuat peternak ikan cupang di Kota Kediri mati langkah. Mereka membuka strategi pemasaran baru melalui online.

Sudah sejak beberapa waktu terakhir para peternak ikan cupang di Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri memulai strategi pemasaran online. Melalui media sosial mereka menawarkan produk ikan yang dipelihara agar laku. “Saya memanfaatkan medsos untuk menjual ikan cupang. Penjualan langsung sementara belum bisa terlalu diharapkan,” kata Santoso, salah satu peternak ikan cupang di Ketami.

Petani  ikan sekaligus anggota pokdakan Mina Maju ini mengatakan dampak pandemi corona tidak hanya dirasakan oleh satu dua orang petani, tapi  semua petani.  Penjualan ikan jenis Half Moon  atau serit trobal yang biasanya laris manis menurun drastis. Sebelumnya ikan jenis ini banyak diburu pelajar sekolah dasar.

Setelah sekolah tak kunjung buka, para petani atau peternak ikan ini memutar otak melakukan penjualan. Media online menjadi pilihan paling masuk akal di tengah orang memilih berada di rumah sambil memegang gadget.

“Beruntung ada medsos, kami sangat terbantu. Meskipun tidak normal seratus persen penjualannya tapi lumayan bisa jalan,” kata Santoso, petani cupang di Ketami.

Selain menggenjot penjualan melalui media daring, Santoso juga menggandeng para remaja di Kelurahan Ketami untuk menjadi agen penjualan. Siasat ini dilakukan mengingat tak semua petani bisa mengoperasikan media sosial sebagai alat promosi. “Mereka mengambil ikan dari kami dan memasarkan. Kami menjadi penyedia,” kata Santoso.

Kepala Kantor Kelurahan Ketami Yeriastika menjelaskan kelurahan sangat  mendukung upaya budidaya ikan cupang ini. Selama ini pemerintah daerah juga giat memberikan pendampingan dan fasilitasi kepada mereka. “Di event  pameran produk unggulan Kediri, kelurahan selalu memberikan fasilitas kelompok tani ikan cupang untuk tampil,” katanya. (pro/Hari TW)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.