READING

Soekarwo Ajak Masyarakat Berterima Kasih Pada Joko...

Soekarwo Ajak Masyarakat Berterima Kasih Pada Jokowi

BLITAR – Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo mengajak masyarakat berterima kasih kepada Joko Widodo. Di era pemerintahan Jokowi program sertifikasi tanah nasional bisa berjalan dengan baik.

Ajakan Soekarwo ini disampaikan kepada masyarakat Kabupaten Blitar saat mendampingi Presiden Joko Widodo di Pendopo Kabupaten Blitar. Dalam kesempatan itu, Jokowi membagikan 2.500 lembar sertikat tanah kepada masyarakat secara langsung. “Sekarang sampaikan terima kasih kepada Pak Jokowi,“ kata Soekarwo yang diikuti koor ribuan warga Blitar, Kamis 3 Januari 2019.

Soekarwo berharap masa depan masyarakat Jawa Timur akan semakin baik melalui program sertifikasi ini. Pernyataan itu disampaikan Soekarwo dalam kapasitasnya sebagai Gubernur Jawa Timur.

Presiden Joko Widodo mengklaim program sertifikasi tanah di era pemerintahannya telah melampaui target. Program ini diyakini mampu menyelesaikan berbagai sengketa tanah yang terjadi di masyarakat.

Realisasi sertifikasi tanah yang dilakukan Badan Pertahanan Nasional (BPN), menurut Jokowi telah berjalan sangat baik hingga melebihi target. “Tahun 2017 target 5,4 juta terlampaui. Tahun 2018 kita beri target 7 juta terealisasi 9,4 juta. Tahun ini target 9 juta, nanti realisasi kemungkinan bisa 11 sampai 12 juta,” kata Jokowi.

Dalam penyerahan sertifikat kepada masyarakat Blitar ini, Jokowi mengaku banyak menemukan persoalan sengketa tanah di lapangan. Mulai konflik antar keluarga, tetangga, perusahaan, hingga pemerintah. Akar persoalannya adalah masih banyaknya warga yang belum memiliki sertifikat.

Jokowi yang tengah menghadapi kontestasi pemilihan presiden untuk periode keduanya ini memastikan akan menuntaskan program sertifikasi hingga tuntas. Saat ini, dari 126 juta bidang tanah yang wajib disertifikasi di seluruh Indonesia, baru 46 juta yang terealisasi. “Sertifikat adalah tanda bukti hak hukum atas tanah. Kalau sudah pegang aman. Kalau ada yang mau ngomongin tanah akan balik sendiri. Akan pulang,” katanya.

Selain membagikan sertifikat tanah, Jokowi juga meninjau proyek pengendalian banjir di kawasan Kali Bogel, Kecamatan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Saat ini pemerintah tengah menyelesaikan pembangunan lima waduk besar di sejumlah daerah.

Pembangunan waduk ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan irigasi petani dan meningkatkan produktivitas pertanian. “Propinsi yang dulu misalnya hanya satu kali tanam, bisa jadi dua kali tanam. Dulunya kebanjiran, setelah ada normalaisasi jadi tidak banjir. Semuanya arahnya kesana,” katanya.

Selain bertemu masyarakat di Pendopo Kabupaten Blitar, Jokowi juga memanfaatkan kunjungannya ini untuk berziarah di makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan Wetan, Kota Blitar. Sejumlah masyarakat berdesak-desakan di pinggir jalan menantikan lewatnya iring-iringan kendaraan yang ditumpangi Joko Widodo. (*)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.