READING

Ssst… Ada Info Beasiswa Nih Untuk Para Milen...

Ssst… Ada Info Beasiswa Nih Untuk Para Milenial Kreatif

KEDIRI – Jika saat ini banyak mahasiswa yang demo karena mengeluhkan biaya kuliah, Pemerintah Kota Kediri bekerjasama dengan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) justru bagi-bagi beasiswa di masa pandemi. Beasiswa ini untuk para milenial kreatif yang tertarik untuk berkuliah di bidang teknologi informasi. Kuotanya mencapai 40 mahasiswa lho.

Ada dua jenis beasiswa yang ditawarkan yakni full beasiswa hingga lulus kuliah dan beasiswa 50 persen dari total biaya pendidikan. Masing-masing diperuntukkan 20 calon mahasiswa yang dianggap layak. Tidak seperti beasiswa pada umumnya, ada beberapa kriteria yang ditetapkan untuk para penerima.

Jika kriteria utama beasiswa biasanya untuk keluarga miskin, kali ini tidak berlaku. Siapapun yang mengajukan bisa mendapatkannya asalkan dinilai layak berdasarkan keahliannya. Ada banyak bidang keahlian yang bisa ditunjukkan yakni teknologi, desain, multimedia, seni-budaya, kepemimpinan, olahraga, bahasa asing, bisnis atau wirausaha, penelitian hingga entertainment.

“Yang kami seleksi nanti tidak hanya soal akademik, tapi juga keahlian. Silahkan ajukan portofolio karya yang menonjol. Tidak harus semuanya, salah satu saja dari yang bidang yang disebutkan di pengumuman,” terang Mas Abu.

Beasiswa ini bebas untuk siapapun yang ingin berkuliah di Udinus Kediri. Para kandidat merupakan lulusan SMA, MA, atau SMK yang lulus di tahun berapapun. Longgarnya kriteria pendaftar ini membuka peluang yang lebih luas untuk mereka yang telah memiliki keahlian dan masih ingin mengembangkannya melalui jenjang pendidikan tinggi formal.

“Saya berharap teman-teman milenial bisa memanfaatkan kesempatan ini. Apalagi kondisi pandemi seperti ini lumayan meringankan beban kuliah,” tambahnya.

Bagi yang berminat bisa memulainya dengan mengakses beasiswamasadepan.kedirikota.go.id. Di laman tersebut, para calon peserta diminta untuk mendaftar terlebih dahulu dengan mengisikan nama lengkap, nomor ponsel, dan alamat email. Batas terakhir pendaftaran ditutup pada tanggal 5 Agustus nanti.

Pada tanggal 6 Agustus, para calon peserta diminta untuk melakukan konfirmasi pendaftaran dan nantinya akan diikutkan dalam audisi tahap pertama pada tanggal 8 dan 9 Agustus. Lokasinya di gedung Udinus yang berada di Jalan Balowerti, No 25-27, Kota Kediri. Saat itulah kesempatan para peserta untuk unjuk diri.

Audisi babak final digelar pada tanggal 15 Agustus. Dan hasilnya akan diumumkan pada tanggal yang telah ditetapkan panitia penyelenggara. Selain mendapatkan beasiswa, para peserta yang dinyatakan lolos audisi bisa langsung mendapat jatah kursi di Udinus Kota Kediri.

Nantinya para penerima beasiswa akan ditempatkan di empat program studi yakni S1 teknik informatika, S1 sistem informasi, S1 desain komunikasi visual, dan S1 manajemen. “Kan spiritnya biar banyak yang kuliah di Kediri. Jadi beasiswa ini terbuka untuk umum, tidak hanya untuk warga Kota Kediri saja,” tambah Mas Abu.

Udinus sendiri merupakan kampus yang berpusat di Semarang dan mulai tahun ini buka cabang di Kota Kediri. Kampus yang berfokus di bidang teknologi dan informasi ini telah terakreditasi A sehingga cukup layak untuk ikut meramaikan dunia pendidikan di Kota Tahu. (pro/Dina Rosyidha)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.