READING

Starter Pack Siswa Sekolah Selama Wabah

Starter Pack Siswa Sekolah Selama Wabah

Hari ini siswa-siswa sekolah terutama para siswa baru dari berbagai jenjang sudah mulai masuk sekolah. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, selama pandemi ini kegiatan masa perkenalan lingkungan sekolah (MPLS) dilakukan secara daring. Jika biasanya siswa dikumpulkan di aula atau lapangan untuk mengikuti rangkaian acara, kali ini mereka hanya sebatas menyimaknya melalui gawai masing-masing.

Kegiatan sekolah yang dilakukan serba online membuat setiap siswa harus memiliki alat-alat yang menunjang. Jika dulu fasilitas ini masuk kategori barang mewah bahkan dianggap sebagai penghambat belajar siswa, saat ini bebeberapa barang ini menjadi perlengkapan wajib para siswa agar mereka bisa mengikuti kegiatan belajar-mengajar serta agar tidak ketinggalan informasi terkait sekolah.

Berikut beberapa barang yang menjadi starter pack atau peralatan wajib bagi para siswa sekolah selama wabah corona.

Gawai

Gawai saat ini menjadi barang wajib yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Entah kesehariannya dioperasikan oleh siswa itu sendiri, orang tua atau walinya. Gawai ini bisa berupa smartphone, tablet, personal computer, ataupun laptop atau notebook. Semua jenis gawai ini menjadi penting sebagai media pembelajaran selama di rumah.

Sebagian besar siswa masih menggunakan smartphone. Pasalnya gawai jenis ini paling lazim dimiliki oleh setiap orang khususnya para orang tua. Saat ini juga sudah banyak ponsel pintar yang cukup murah. Bahkan ada yang di bawah Rp 1 juta. Tidak harus milik pribadi, para siswa bisa meminjam gawai milik orang tuanya untuk mengakses pendidikan selama pandemi.

Dalam jangka panjang, penggunaan ponsel pintar untuk kegiatan belajar relatif tidak baik bagi kesehatan mata. Pasalnya layar ponsel yang sangat terbatas membuat mata anak-anak harus bekerja keras dalam mengenali setiap huruf maupun gambar yang terpampang di layar. Jadi sebaiknya gunakan jenis gawai lain untuk mengikuti kegiatan pembelajaran harian.

Kuota internet

Jika gawai adalah jasadnya, kuota internet menjadi ruhnya. Tanpa kuota internet, ponsel pintar menjadi tidak lagi “pintar”. Rangkaian kegiatan sekolah yang dilakukan secara daring pun tidak bisa diakses tanpa kuota internet. Makanya pembelian paket data internet untuk sebulan penggunaan harus menjadi prioritas.

Dalam memilih jenis paket data yang akan digunakan, kita bisa menyesuaikan dengan rencana pemakaian dan mobilitas selama penggunaan. Jika kuota data yang dibutuhkan konsisten dalam jumlah besar dan tidak berpindah-pindah tempat, sebaiknya pilihlah internet broadband atau jaringan wifi. Meskipun pemasangan awalnya cukup mahal, iuran bulanannya lebih terjangkau.

Jika konsumsi internet tidak terlalu besar dan aktivitas daringnya berpindah-pindah, kita bisa memilih internet mobile yang biasa digunakan di ponsel, modem, atau mobile wifi. Kelebihannya, perangkat pemasangannya relatif terjangkau dan bisa digunakan di mana saja.

Alat tulis

Meski sebenarnya para siswa bisa mencatat penjelasan dalam kegiatan belajar dengan cara mengetik di gawai mereka, tidak ada salahnya untuk selalu menyiapkan alat tulis manual. Selain agar anak bisa membagi fokus, pembiasaan untuk selalu menulis menggunakan alat tulis bisa menjaga stabilitas sensor motoriknya.

Seperti halnya para orang dewasa. Jika semakin jarang menulis, jari-jari menjadi kaku dan tangan menjadi lebih mudah capek ketika menulis. Hasilnya tulisan relatif lebih jelek dari biasanya karena jari-jari tidak terbiasa menulis.

Headset atau Headphone

Item ini sifatnya hanya tambahan saja namun cukup diperlukan dalam kondisi tertentu. Penggunaan headset atau headphone bisa membantu anak lebih fokus pada apa yang disampaikan pengajar atau pembicara di dalam layar gawai.

Dengan membatasi akses suara tertentu ke indera pendengaran, mereka menjadi tidak terganggu oleh suara-suara tidak penting yang ada di sekitarnya. Seperti suara kendaraan bermotor, suara televisi di ruangan sebelah, suara-suara teriakan sang ibu atau adiknya yang sedang bermain.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.