READING

Status Siaga Darurat Bencana Kota Kediri, BPBD Sia...

Status Siaga Darurat Bencana Kota Kediri, BPBD Siap Dihubungi di Nomor 081-335-275-335

KEDIRI- Untuk menghadapi cuaca ekstrim beberapa bulan ke depan, Pemkot Kediri telah menetapkan Kota Kediri dalam status siaga darurat bencana. Dalam realisasinya, Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar telah menetapkan perwali terkait kebencanaan agar persiapan bisa dilaksanakan dengan baik oleh semua pihak terkait.

“Silahkan melaporkannya Tim Reaksi Cepat di 081-335-275-335,” kata Adi Sutrisno, Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri.

Jika terjadi bencana, masyarakat diminta untuk segera melaporkannya ke tim reaksi cepat. Agar bantuan bisa segera diberikan baik dalam bentuk tenaga medis, evakuasi maupun logistik.

Status Siaga Darurat Bencana sudah ditetapkan dalam Perwali 188.45/946/419.033/2019 tentang status darurat siaga bencana. Kota Kediri sendiri mewaspadai tiga jenis bencana yang berpotensi terjadi yakni banjir, tanah longsor dan angin puting beliung. Bencana banjir berpotensi menimpa daerah-daerah padat pemukiman dan yang berada di sekitar sungai-sungai besar seperti Sungai Kresek. Tanah longsor berpeluang terjadi di daerah sekitar Gunung Klothok.

“Sedangkan puting beliung bisa terjadi di semua wilayah di Kota Kediri,” tambahnya.

Melalui Perwali tersebut ditetapkan langkah siaga bencana dimulai mendirikan posko siaga bencana di kantor BPBD Kota Kediri, Jl. Brigjen Pol IBH Pranoto, Kelurahan Bangsal, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri.

BPBD juga telah menyiagakan seluruh personil selama 24 jam. Tim dibagi tiga shift, masing-masing regu terdiri dari 7 anggota. “Nanti jika sudah ada posko bersama akan ada personil lintas sektoral seperti Satpol PP, TNI maupun POLRI. Kita juga akan melibatkan personil SAR dan relawan bencana,” bebernya.

Kegiatan pembersihan sampah yang berpotensi menyumbat saluran air juga akan semakin ditingkatkan intensitasnya. “Tidak hanya petugas kebersihan saja yang dikerahkan. Diharapkan seluruh masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan di lingkungan rumahnya masing-masing,” tambahnya.

Menurut Adi, sejauh ini BPBD sendiri telah melakukan mitigasi bencana dan melakukan pemetaan titik-titik yang berpotensi terjadi bencana. Termasuk di dalamnya keberadaan pohon-pohon besar yang rawan tumbang ketika terjadi angin ribut. “Diimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada petugas jika menemukan pohon yang mengkhawatirkan dan mengganggu,” tegasnya.

Tidak hanya dari segi pencegahan saja, BPBD Kota Kediri juga sudah menyiapkan sejumlah kebutuhan logistik dan peralatan yang diperlukan jika bencana tidak bisa dihindari. Untuk peralatan penanganan bencana dan evakuasi, BPBD memiliki dua unit gergaji mesin, empat unit perahu lipat, satu unit perahu karet dan satu unit perahu fiber.

“Semuanya dalam kondisi baik dan siap pakai,” jelasnya.

Untuk logistik, BPBD telah menyimpan sejumlah makanan siap saji, makanan tambahan gizi, perlengkapan rumah tangga atau family kit, pakaian anak-anak dan dewasa dan perlengkapan bayi. Ada pula matras, tenda pengungsi, dan tenda keluarga.

Makanan siap saji dan family kit merupakan bantuan dari Badan Nasional Penganggulangan Bencana (BNPB) yang didrop melalui Pemerintah Provinsi. “Banyaknya berdasarkan pengajuan dari kami. Alhamdulillah sudah siap di posko bencana di kantor BPBD Kota Kediri,” tandasnya.

Pemkot Kediri melalui BPBD telah menetapkan status siaga darurat bencana ini selama musim penghujan yakni mulai Bulan Januari hingga Mei 2020. Meski demikian status saat ini masih dalam kondisi siaga. Sehingga diharapkan seluruh masyarakat tidak perlu risau. Cukup bersiaga saja dengan kemungkinan bencana bisa terjadi di lingkungan rumah.

“Sedia makanan siap saji, cek kondisi rumah dan pepohonan di sekitar. Cek saluran air di sekitar rumah apakah alirannya baik. Dan simpan berkas-berkas penting di tempat yang aman,” sarannya.

Reporter : Dina Rosyidha
Editor: Titik Kartitiani

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.