READING

Suka Kopi Pahit? Bisa Jadi Anda Psikopat

Suka Kopi Pahit? Bisa Jadi Anda Psikopat

KEDIRI – Ada banyak alasan untuk menyeruput kopi hitam. Selain mencari rasa yang kuat, tak sedikit yang mencecap kopi hitam untuk alasan kesehatan. Alasan lain adalah Anda seorang psikopat.

Sebuah penelitian yang ditulis jurnal Appetite dan dipublikasikan indy100.com menemukan korelasi antara kecintaan terhadap kopi hitam dan kecenderungan sadis atau psikopat.

Penelitian yang mensurvei lebih dari 1.000 orang dewasa ini dilakukan dengan meminta responden memberikan preferensi makanan dan rasa yang mereka sukai. Mereka juga menjalani tes kepribadian termasuk antisosial seperti sadisme, narsisme, dan psikopat.

Hasilnya, para peneliti dari University of Innsbruck ini menemukan preferensi rasa pahit dengan perilaku psikopat. Para penyuka makanan dan minuman pahit memiliki kedekatan dengan perilaku sadisme setiap hari. Bagi mereka, kopi pahit adalah nikmat. Sementara sebagian orang justu tersiksa dengan minuman itu.

Tak hanya kopi hitam, jenis makanan lain juga menjadi penanda sikap ciri antisosial seperti lobak, seledri, dan air tonik. Para pengkonsumsi makanan ini memiliki kecenderungan sikap antisosial.

Pada penelitian sebelumnya, mereka juga menemukan preferensi antara rasa manis dengan keramahan dan keinginan untuk membantu. Sehingga rasa pahit seperti menjadi antitesis rasa manis yang meningkatkan permusuhan dan menimbulkan penilaian moral yang lebih keras.

Pernyataan lebih ekstrim disampaikan peneliti Christina Sagioglou dan Tobias Greitemeyer. Keduanya bahkan mempercayai jika dalam kondisi kronis, dimana seseorang sangat menyukai rasa pahit dengan luar biasa memiliki kepribadian yang lebih bermusuhan.

Sayangnya hingga kini belum ada penelitian apakah sikap seseorang yang anti sosial bisa berubah sebaliknya dengan mengganti minuman yang dikonsumsi. (*)

 

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.