READING

Sumpah Pemuda, Walikota Risma Ingatkan Jebakan Pri...

Sumpah Pemuda, Walikota Risma Ingatkan Jebakan Primordialisme

SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak para pemuda untuk berpikir dan bertindak kritis. Kemajuan teknologi dan pengetahuan telah membawa dinamika kehidupan sosial yang serba instan.

Dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 di halaman Taman Suryo, Senin 28 Oktober 2019, Tri Rismaharini mengingatkan para pemuda tentang dampak modernisasi. Di mana telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik, dan gramatik.

Canggihnya ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media, menurut Risma, telah menjelma menjadi tempat favorit berkumpulnya anak-anak muda lintas negara, lintas budaya, lintas agama, dan interaksi mereka di sosial media berjalan real time 24 jam.

“Generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa. Tugas pemuda saat ini adalah sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia,” pesan Risma.

Ancaman disintegrasi yang salah satu satunya dipicu informasi teknologi inilah yang menjadi alasan pemilihan “Bersatu Kita Maju” sebagai tema peringatan Sumpah Pemuda tahun ini.  Risma berharap pemuda Indonesia akan memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Upacara Sumpah Pemuda ini digelar sebagai bentuk penghormatan atas jasa tokoh-tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda, sehingga menjadi pelopor pemuda untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang bertindak sebagai inspektur upacara, membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Risma juga berkomitmen terus mendorong para pemuda agar bisa berpartisipasi mengangkat kehormatan bangsa di kancah dunia.

Penulis : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.