READING

Tak Sampai 24 Jam, Masalah PPDB Online Kota Kediri...

Tak Sampai 24 Jam, Masalah PPDB Online Kota Kediri karena KK, Teratasi

KEDIRI- Antrean mengular di meja customer service Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kota Kediri pagi tadi, 17/06/2019. Keluhan mereka sama, formulir pendaftaran PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru) SMP tahun ajaran 2019/2020 ditolak oleh sistem karena KK dan NIK tidak terdaftar. Padahal ketika dicek di laman Dukcapil http://penduduk-layanan.kedirikota.go.id/cek_nik/ nama sesuai KK yang dimaksud sudah tertera.

Sejak PPDB Online dibuka hari pertama, 17/06/2019 pukul 00.00 WIB, para pendaftar sudah mengakses laman https://kediri.siap-ppdb.com/#/020001/daftar/peserta untuk mengisi formulir pendaftaran. Namun selalu gagal. Rupanya ada informasi yang tak tersampaikan ke seluruh warga yang putra-putrinya lulus SD/SMP tahun ini. Warga Kota Kediri yang mencetak KK sebelum tahun 2017 harus memperbaharui KK-nya. Sedangkan warga yang memiliki KK setelah tahun 2018, tidak ada masalah dalam mengisi PPDB  Online.

Sejak pukul 08.00 WIB, ratusan warga Kota Kediri mengantre untuk perbaruan Kartu Keluarga (KK). Sebetulnya syaratnya tak susah. Cukup mengumpulkan KK yang dimiliki beserta fotokopi KTP kepala keluarga. Juga mencantumkan nomor telepon yang bisa dihubungi. Karena jumlah KK yang bermasalah cukup banyak, maka Dukcapil menyarankan tidak perlu menunggu di kantor.

“Bapak/Ibu cukup menyerahkan fotokopi KK dan KTP. Silakan kembali ke rumah. Dalam waktu 24 jam dari sekarang, Bapak/Ibu sudah bisa mendaftar PPDB Online,” kata Reki, customer service Dukcapil Kota Kediri yang melayani warga.

Setelah pukul 17.00 WIB, perbaruan KK sudah selesai. Pendaftaran PPDB Online khususnya kolom NIK dan KK sudah tidak ditolak lagi. Setelah semua kolom terisi, maka pendaftar mencetak bukti pendaftaran. Langkah selanjutnya, melakukan verfikasi di salah satu sekolah yang dipilih. Terakhir tinggal memantau statistik pendaftar di laman https://kediri.siap-ppdb.com/#/020001/statistik. Pendaftaran berlangsung dari hari ini hingga 19 Juni 2019 pukul 24.00 WIB.

Kantor layanan Dukcapil Kota Kediri. Apabila permasalahan KK masih menjadi kendala PPDB Online, warga disilakan untuk mengurus ke kantor ini.
FOTO: JATIMPLUS.ID/Titik Kartitiani
Print Friendly, PDF & Email

Titik Kartitiani

sunset lover, traveler, writer, and fulltime dreamer :)

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.