READING

Tanda Anda Sebenarnya Cocok Bekerja dari Rumah

Tanda Anda Sebenarnya Cocok Bekerja dari Rumah

Lebih dari dua bulan masyarakat bekerja dari rumah akibat wabah corona. Sebelumnya kegiatan ini tidak pernah dilakukan. Makanya banyak pekerja merasa tidak nyaman karena tidak bisa kemana-mana dan tidak bisa bertemu rekan kerja secara fisik. Sebagian mengeluh jam kerjanya pun berantakan karena tidak ada jam kerja pasti seperti saat ngantor.

Di tengah keterpaksaan tersebut, para pekerja pun berusaha menyesuaikan diri dengan membuat spot kerja khusus. Seperti membeli meja dan kursi kerja yang nyaman agar tidak bekerja di atas kasur karena bisa memancing rasa malas dan mengantuk sepanjang hari. Spot tersebut ditata sedemikian rupa agar cozy dan mood produktif tetap terjaga.

Namun seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Perkantoran pun dibuka kembali sehingga para pekerja diharuskan untuk kembali bekerja di kantor. Jelas hal ini kembali “mengguncang” kebiasaan baru yang dibangun para pekerja. Mereka yang sudah nyaman karena tidak perlu bermacet-macet ria dan menghemat pengeluaran kini harus berjibaku dengan rutinitas pagi yang melelahkan.

Melansir dari Medical Daily, berikut beberapa tanda bahwa Anda sebenarnya cocok bekerja dari rumah.

Siap menyesuaikan diri dengan perubahan

Untuk sebagian orang, perubahan aturan justru merepotkan karena merusak rutinitas. Namun bagi Anda, perubahan tersebut menjadi bentuk dinamisasi kerja dan tidak mempengaruhi produktivitas. Anda bisa menikmatinya. Bahkan perubahan tersebut membuat suasana kerja Anda tidak membosankan.

Selama bekerja dari rumah, Anda justru bisa menjadi diri sendiri. Anda bebas mengeluarkan pendapat yang membangun tanpa harus merasa tertekan oleh pihak-pihak lain. Anda juga tidak harus bertemu secara intensif dengan rekan kerja sehingga obrolan yang tidak perlu (gosip di lingkungan kantor) bisa dihindari.

Perubahan jadwal kerja yang menjadi tidak jelas tidak mengganggu Anda. Anda tetap bisa menikmati waktu di sela-sela menyelesaikan tugas kantor untuk hal-hal yang Anda sukai.

Anda menyadari apa yang akan hilang

Rutinitas bekerja dari rumah jelas berbeda ketika harus bekerja di kantor. Interaksi antar pekerja menjadi berkurang. Sebagai pegawai yang memilih bekerja dari rumah sudah semestinya Anda menyadari hal ini dan tidak menganggapnya sebagai hal yang merugikan. Toh komunikasi secara pribadi tetap bisa dibangun melalui pesan singkat antar rekan kerja.

Anda tidak melupakan pentingnya koneksi profesional

Keterbatasan interaksi antar pekerja selama bekerja di rumah bisa menjadi kendala perkembangan karir pekerja. Namun jika Anda siap dengan hal tersebut jelas tidak akan berpasrah dengan keadaan. Ada banyak jalan yang bisa Anda lakukan dalam membangun koneksi dengan tenaga profesional lainnya.

Salah satu caranya yakni dengan membangun citra virtual selama bekerja. Hal ini bisa Anda tunjukkan melalui kebiasaan selama bekerja seperti hadir tepat waktu dan tidak pernah absen saat menghadiri rapat daring.

Anda juga bisa menunjukkan citra virtual Anda dengan menyelesaikan pekerjaan sesuai target dan deadline yang ditentukan perusahaan. Dengan melaporkan hasil kerja secara tertulis dalam forum-forum kerja perusahaan, membuat kinerja Anda bisa diketahui banyak orang. Jejak performa kerja yang baik ini bisa menjadi pengantar yang positif di mata relasi ketika Anda ingin menjalin komunikasi dan koneksi dengan mereka.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.