READING

Tarif Naik 100 Persen, Peserta BPJS Kategori Mandi...

Tarif Naik 100 Persen, Peserta BPJS Kategori Mandiri Ajukan Turun Kelas Layanan

KEDIRI– Mulai Januari 2020, pemerintah resmi menaikkan iuran BPJS Kesehatan. Kenaikan drastis dan dirasa memberatkan ini membuat masyarakat berbondong-bondong menurunkan kelas kepesertaan. Rata-rata mereka meminta turun kasta di level paling terendah yakni kelas III.

Data BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri menunjukkan kenaikan jumlah permohonan yang signifikan. Diketahui dari lima wilayah di bawah naungan BPJS Kesehatan Kediri, ada 256 permohonan penyesuaian kelas layanan. Permohonan tersebut mengalami kenaikan di Bulan November hingga mencapai 1065 peserta.

“Permohonan tersebut berasal dari lima wilayah yakni Kota dan Kabupaten Kediri; Kota dan Kabupaten Blitar; dan Kabupaten Nganjuk,” terang Yessi Kumalasari, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kediri kepada Jatimplus.ID.

Hingga Desember, permohonan penurunan kepesertaan dari kategori mandiri ini masih cukup tinggi. Sebagian besar melakukan pengajuan dengan datang langsung ke kantor BPJS Kediri di Jalan Hasanudin, Kota Kediri. Padahal sudah ada kanal-kanal yang bisa diakses tanpa harus datang.

“Kita siapkan beberapa jalur untuk menghindari penumpukan peserta di kantor cabang,” tambah Yessi. Seperti aplikasi Mobile JKN yang bisa diunduh di playstore atau IOS. Melalui aplikasi tersebut, peserta hanya perlu melakukan verifikasi otentifikasi alamat email dan nomor ponsel. Atau peserta hanya cukup menelepon care center di 1500400 untuk dilakukan otentifikasi dari keterangan suara pendaftar.

Yessi juga menjelaskan bahwa pihaknya menyediakan mobile customer service yang disiagakan di kantor-kantor kecamatan sesuai dengan jadwal. Sehingga peserta BPJS tidak harus jauh-jauh dan antri di kantor cabang. Mereka cukup membawa fotokopi KTP, KK dan bukti identitas diri.

“Petugas hanya akan melakukan konfirmasi NIK, dan keterangan terkait identitas diri. Jadi peserta memanfaatkan media-media pelayanan yang sudah kita siapkan,” tambahnya.

Selain kemudahan fasilitas, BPJS Kesehatan juga memberikan sejumlah keringanan kriteria pemohon. Peserta BPJS bisa mengajukan penyesuaian kelas meski belum genap satu tahun bergabung. Mereka juga bisa meminta turun atau naik kelas dua tingkat sekaligus.

Bahkan bagi peserta yang menunggak pun juga boleh meminta penyesuaian kelas. Mereka bisa meminta turun kelas dulu baru membayar tunggakannya. Kebijakan ini ditujukan agar para peserta BPJS bisa membayar premi sesuai dengan kemampuannya dan tidak memberatkan.

“Kebijakan ini hanya berlaku mulai 9 Desember hingga 20 April 2020 mendatang. Setelah itu aturan akan kembali seperti sebelumnya,” tegasnya.

Untuk diketahui, per Januari nanti ada penyesuaian tarif premi di setiap kelas pelayanan BPJS Kesehatan. Untuk kelas I yang sebelumnya Rp 80 ribu per jiwa per bulan menjadi Rp 160 ribu per jiwa per bulan. Sedangkan untuk kelas II dari Rp 51 ribu per jiwa per bulan naik menjadi RP 110 ribu per jiwa per bulan.

Begitu pula dengan kelas III yang sebelumnya hanya perlu membayar Rp 25.500 per jiwa per bulan menjadi Rp 42 ribu per jiwa per bulan. Kenaikan sebesar 100 persen ini cukup memberatkan karena sebagian besar peserta membayar secara kolektif sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Sejauh ini, Yessi telah melakukan berbagai pendekatan kepada pemerintah daerah untuk melakukan pemilahan. Mana peserta yang benar-benar mampu membayar BPJS dan mana yang sebenarnya tidak mampu membayar secara mandiri.

Untuk peserta yang sebenarnya tidak mampu membayar bisa melakukan koordinasi dengan pemda setempat. Mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan hingga akhirnya ke tingkat Dinas Sosial. Jika memang masuk kategori tidak mampu, sebaiknya yang bersangkutan untuk dikeluarkan dari kategori Mandiri.

“Bisa dimasukkan ke kategori Penerima Bantuan Iuran (PIB) sehingga pembayaran premi ditanggung pemerintah,” pungkasnya.

Reporter : Dina Rosyidha
Editor : Prasto Wardoyo

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.