Cara Mengatasi MS Word Tidak Bisa Mengetik

jatimplus.id – Ketika sedang mengetik terkadang muncul masalah tiba-tiba tidak dapat mengetik seperti keyboard mati.

Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena cara mengatasi Word tidak dapat mengetik sangatlah mudah dan dapat Anda perbaiki sendiri di rumah, sehingga dapat menghemat budget pengeluaran.

Bagaimana cara mengatasi word tidak bisa untuk mengetik? Cara mengatasinya adalah periksa kondisi komponen perangkat keyboard anda. Ada fakta bahwa kita lupa mengaktifkan fitur untuk mengunci keyboard kita sendiri.

Ketahuilah bahwa permasalahan tidak dapat mengetik sebenarnya disebabkan oleh banyak hal seperti keyboard yang rusak, PC yang lemot, belum aktivasi Microsoft Word, dan lupa melakukan unlocked dokumen.

Seringkali pengguna menganggap permasalahanya terdapat pada kesalahan keyboard, padahal permasalahan tersebut memang dari Microsoft Wordnya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa cara mengatasinya yang cukup mudah dengan beberapa langkah saja.

Yuk ketahui cara mengatasi Word yang tiba-tiba tidak bisa mengetik dengan langkah-langkah mudah, berikut ulasannya untuk Anda :

1. Menggunakan Menu Edit Document

Ketahuilah cara mengatasi Word yang tidak bisa mengetik yang pertama yaitu menggunakan menu view.

Cara tersebut dapat menjadi solusi apabila kita sedang dalam mode editing, bukan pada mode editing, sehingga kita harus mengetahui solusinya dengan membuka menu view.

Tujuannya yaitu untuk mengubah mode edit dokumen dengan cara yang mudah yaitu klik menu view kemudian pilih menu edit dokumen.

2. Restart PC atau Laptop

Cara berikutnya untuk mengatasi Word yang tidak bisa mengetik yaitu Anda sebaiknya restart PC atau laptop, kemudian Anda dapat mengetahui apakah Microsoft Word tersebut bekerja dengan baik atau tidak.

Setelah, laptop atau PC sudah aktif kembali maka cobalah untuk membuka Microsoft Word kembali.

Tetapi, jika masih belum dapat digunakan maka sebaiknya Anda bersihkan terlebih dahulu ruang penyimpanan di laptop seperti menghapus beberapa aplikasinya.

Seperti yang ketahui bahwa laptop dengan aplikasi yang sangatlah banyak maka akan memberatkan kinerjanya sehingga mempengaruhi kinerja aplikasi lainnya.

Oleh karena itu, Microsoft Word tidak bekerja secara maksimal karena laptop tidak bisa menyimpan data-data yang dimiliki oleh Microsoft Word.

3. Matikan Dokumen Protection

Selanjutnya, cara mengatasi Word yang tidak dapat mengetik yaitu silahkan Anda matikan dokumen protection karena memang saat masih di-lock maka Microsoft Wordnya tidak mau mengetik sehingga Anda perlu melakukan unlock terlebih dahulu agar Anda dapat mengetiknya atau mengeditnya.

Ketahui cara unlock dokumen protection dengan langkah-langkah mudah berikut ini:

  • Bukalah file Microsoft Word yang kalian miliki, kemudian pilihlah menu File yang ada di bagian Toolbar
  • Carilah opsi Info, di sini kalian akan menemukan teks Protection Document
  • Klik teks tersebut, lalu periksa opsi Mark as Final, Restrict Access dan Editing Restrict masih aktif atau dalam keadaan nonaktif
  • Apabila ketiga opsi yang ada di atas berstatus aktif, maka kalian bisa mengubahkan menjadi nonaktif
  • Setelah itu, klik Mark as Final
  • Mark As Final
  • Klik Oke dan kalian bisa kembali ke halaman Word awal
  • Otomatis di bagian atas halaman Word kalian akan melihat notifikasi Edit Anyway
  • Tekan notifikasi tersebut, lalu kini kalian sudah dapat mengedit atau mengetik di halaman Microsoft Word
  • Buat Anda yang erat dengan data dan butuh aplikasi SPSS bisa baca Cara Download SPSS di Laptop.

4. Klik Dulu Enable Editing

Ketahuilah bahwa permasalahan enable editing juga sering dialami saat menggunakan Microsoft Word.

Tetapi, untuk mengubahnya menjadi normal memang cukup mudah. Anda cukup menekan tombol notifikasi enable editing yang muncul saat Anda membuka dokumennya.

Dengan demikian maka secara otomatis Microsoft Word dapat diedit, diubah seperti mengetik dokumen Word seperti biasanya.

5. Aktivasi Microsoft Word

Apabila Anda menginstall Microsoft Word sendiri maka harusnya sudah tahu adanya masa trial atau masa percobaan, sehingga saat masa trialnya sudah habis para penggunanya tidak dapat mengedit dokumen Microsoft Word lagi.

Dengan begitu maka Anda harus mengecek dan memastikan bahwa Microsoft Word yang digunakan dalam keadaan aktif, apabila belum maka disarankan untuk melakukan aktivasi atau dengan cara mengunjungi situs resminya kemudian melakukan pembelian versi premiumnya.

Tetapi, jika Anda tidak ingin membeli versi premiumnya maka sebaiknya Anda dapat mencoba aplikasi Microsoft Word yang free di internet.

6. Mengganti Format File

Jika, Anda sudah melakukan beberapa cara di atas tetapi belum juga berhasil maka Anda sebaiknya mengganti format file.

Misalnya, Anda dapat mengganti filenya menjadi file doc atau docx. Apabila Anda belum mengetahui caranya maka ketahui langkah-langkah di bawah ini:

  • Bukalah dokumen Microsoft Word yang Anda miliki
  • Selanjutnya pilih menu File yang ada di Toolbar, lalu pilih opsi Save As
  • Setelah itu, pilih penyimpanan yang kalian inginkan dan buat nama file baru
  • Di sini kalian tinggal klik tombol Save
  • Otomatis format file akan berubah sesuai format yang dapat dibuka dan diedit menggunakan Microsoft Word yang ada di laptop kalian
  • Aktifkan Num Lock (untuk angka)
  • Bukan hanya huruf atau teks saja, namun terkadang masalah tidak bisa mengetik angka di Word juga sering dialami. Bila kalian juga merasakan hal yang sama, maka kalian bisa mengecek Num Lock yang ada di keyboard.

7. Mengaktifkan Num Lock

Ketahuilah saat num lock terkunci akan membuat Anda  tidak dapat mengetik angka. Jika memang permasalahan tersebut yang dialami, maka Anda dapat mengaktifkannya kembali dengan cara menekan tombol aktifnya di samping tombol angka-angka di keyboard.

Saat Anda sudah Num Lock kembali maka sudah dapat dipastikan Anda dapat mengetik angka lagi di Microsoft Word.

8. Cek Kondisi Keyboard

Ketahuilah penyebab Anda tidak dapat mengetik di Word bukan hanya karena software pada laptop, tetapi Anda juga sebaiknya mengecek kondisi hardware di laptop atau PC.

Seperti yang kita ketahui bahwa hardware yang seringkali mengalami permasalahan yaitu keyboard, baik keyboard eksternal maupun internal.

Untuk mengeceknya maka Anda disarankan untuk menggunakan keyboard eksternal apabila keyboard tersebut dapat digunakan untuk mengetik maka dapat dipastikan bahwa keyboard Anda yang mengalami kerusakan sehingga tidak dapat mengetik di Word.

Oleh karena itu, menjaga kebersihan keyboard memang merupakan salah satu hal yang cukup penting loh.

Solusi Saat Tidak Dapat Mengetik di Word?

Tentu saja saat kita tidak dapat mengetik di Word maka harus ada solusinya agar dapat mengerjakan berbagai pekerjaan secara efektif.

Ketahuilah, salah satu solusinya yaitu Anda dapat menggunakan Google Docs.

Microsoft Word ternyata membutuhkan penyesuaian terlebih saat Anda sering mengganti versi Microsoft Word seperti mengganti Word 2007 ke Word 2010, dan seterusnya.

Nah, untuk lebih amannya maka Anda dapat mencoba aplikasi Google Docs sebagai pengganti Word.

Nah, aplikasi Google docs memang selalu support sehingga dapat digunakan untuk membuka semua format Word karena memang aplikasi tersebut berbasis online sehingga dapat digunakan untuk mengetik atau mengedit file Word dengan efisien dan mudah.

Cara mengatasi Word tidak bisa mengetik yaitu Anda mencari masalah dari software atau hardware. Setelah itu, Anda dapat menyelesaikan permasalahannya dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas.

Tinggalkan komentar