READING

Teruntuk Para Pejuang CPNS 2019, “Hilal” Sudah Mul...

Teruntuk Para Pejuang CPNS 2019, “Hilal” Sudah Mulai Terlihat!

Setelah dilanda ketidakpastian selama berbulan-bulan akibat wabah, para pejuang CPNS 2019 akhirnya mendapat kabar menggembirakan. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) baru saja mengumumkan pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Rencananya tes akan dilaksanakan sekitar Bulan Agustus hingga September mendatang.

Kabar ini disampaikan secara resmi melalui akun twitter @BKNgoid (20/05). Melalui utasnya, BKN menjelaskan bahwa Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah memutuskan bahwa proses seleksi CPNS 2019 akan dilanjutkan dalam waktu dekat. Keputusan tersebut merupakan hasil dari rapat internal melalui video conference yang dihadiri langsung Kepala BKN Bima Haria Wibisana (19/05).

Hasil yang didapatkan diputuskan bahwa pelaksanaan SKB CPNS 2019 akan digelar setelah pelaksanaan SKD sekolah kedinasan (Dikdin) formasi tahun 2020. Pelaksaan SKD Dikdin sendiri rencananya akan dilaksanakan pada Bulan Juli 2020. Maka untuk ujian SKB CPNS 2019 diperkirakan berlangsung sekitar Bulan Agustus hingga September 2020.

“Jadwal ini menyesuaikan dengan status kedaruratan pandemi covid-19 di Indonesia,” cuit @BKNgoid.

Jadwal yang ditetapkan BKN tersebut merupakan tindaklanjut dari keputusan Pemerintah Pusat yang akan melonggarkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menormalkan kembali seluruh kegiatan perekonomian dan perkantoran. Jadwal tersebut masih bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan kebijakan terkini dari Pemerintah Pusat.

“Realisasi jadwal ini bergantung pada penetapan status kedaruratan covid-19 dan menunggu persetujuan presiden,” tambah akun bercentang biru ini.

Untuk proses seleksi CPNS di daerah pastinya menyesuaikan dengan jadwal pusat. Seperti tahun sebelumnya, Panselnas hanya akan menetapkan rentang waktu tertentu untuk melaksanakan ujian. Sedangkan tanggal ujian diajukan oleh Panitia Seleksi Daerah (Panselda) sesuai dengan tingkat kesiapan masing-masing. Makanya untuk jadwal ujian setiap daerah bisa berbeda-beda.

Merespon kabar terbaru BKN, para calon peserta SKB pun akhirnya bisa bernapas lega. Setidaknya kabar dihapusnya proses SKB akibat terjadinya wabah penyakit tidak benar-benar terjadi. Meski belum sepenuhnya pasti, kabar jadwal tersebut bisa dijadikan para sobat BKN (panggilan akrab pengikut akun BKN, red) untuk berancang-ancang.

Selain mengucapkan terimakasih dan berdoa akan kelancaran pelaksanaan, sebagian dari sobat BKN mencoba menyampaikan aspirasi terkait teknis pelaksanaan ujian. Usulan muncul dari @ryomisterio yang berkomentar “Izin saran min, bagi yang SKB CAT harus ke pusat mohon dipertimbangkan agar bisa dilaksanakan di kanreg terdekat saja, meminimalisir penyebaran covid-19,” tulisnya.

Sedangkan @Kfitriee1 mencoba mengusulkan agar ujian tetap dilaksanakan di kantor-kantor BKN sebagaimana ujian SKD. “Min, pliss jangan adain ujian online ya, karna rawan kecurangan. Di tempat saya juga sinyalnya jelek min,” cuitnya.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.