READING

Tidak Hanya Besarnya Pahala Puasa. H-10 Idul Adha ...

Tidak Hanya Besarnya Pahala Puasa. H-10 Idul Adha adalah Hari Terbaik Berbuat Kebajikan

KEDIRI- Pemerintah Indonesia telah menetapkan hari Raya Idul Adha 2019 atau 10 dzulhijjah 1440 Hijriah jatuh pada Minggu Pon 11 Agustus 2019. Tidak hanya puasa sunnah (Tarwiyah dan Arafah) yang dijanjikan pahala besar sekaligus menghapus dosa masa silam. 

Pada 10 hari awal bulan dzulhijjah, yakni 2-11 Agustus 2019, juga merupakan hari istimewa untuk berbuat kebaikan. Bahkan dalam hadist riwayat disebut  keutamaan 10 hari awal dzulhijjah itu melebihi jihad. Seperti disampaikan Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya:

“Tidaklah beramal pada beberapa hari lebih utama daripada beramal pada hari hari 10 (sepuluh pada awal bulan dzulhijjah) ini’. Mereka bertanya: “Tidak juga jihad?’ Beliau menjawab: ‘Tidak juga jihad. Kecuali seseorang yang keluar dengan mempertaruhkan nyawa dan hartanya, lalu ia kembali tanpa membawa apapun”. (HR. Al- Bukhari, no 969).

Baca Juga : https://jatimplus.id/tanda-kasih-umat-katolik-mojokerto-untuk-mbah-moen/

Riwayat lain menyebut Allah SWT sangat menyukai sepuluh hari awal bulan dzulhijjah. “Tidak ada hari-hari yang amal shalih pada hari itu lebih disukai oleh Allah daripada sepuluh hari (pada awal bulan dzulhijjah) ini”. (Hadis Shahih. HR. At-Tirmidzi no. 757, Shahih Sunan At-Tirmidzi no 605).

Baca Juga : https://jatimplus.id/ribuan-santri-lirboyo-sholat-ghaib-untuk-mbah-moen/

Kebajikan memang hendaknya dilakukan setiap saat. Namun dengan keutamaan sepuluh hari awal dzulhijjah ini, tidak ada alasan untuk tidak semakin meningkatkan semangat fastabiqul khoirot (berlomba lomba dalam kebaikan). Yakni baik kepada Allah SWT dan baik terhadap sesama. (Mas Garendi)

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.