READING

Tidak Perlu Repot, Roti Tawar Juga Bisa Dipadu Den...

Tidak Perlu Repot, Roti Tawar Juga Bisa Dipadu Dengan Saus Garlic Ala Korea

Korea Selatan (Korsel) terkenal akan dunia hiburannya. Mulai dari drama, film, fashion, dan musik beraliran pop-nya sangat digandrungi kawula muda. Tidak kalah dengan itu, beberapa makanan yang berasal dari negeri gingseng juga cukup hits. Salah satunya yang terbaru adalah roti dengan saus bawang putih atau dikenal dengan Korean garlic bread.

Di negara asalnya, kudapan ini mulanya dijual di pinggir jalanan Kota Gangneung sehingga dikenal sebagai street food. Namun belakangan Korean garlic bread semakin banyak dijual di mal-mal besar Korsel dan dijual secara online. Tren ini pun merambah ke Indonesia karena cukup banyak yang menjualnya melalui media sosial.

Meski bukan makanan asli dalam negeri, kita bisa membuatnya sendiri di rumah karena bahan-bahannya cukup mudah didapatkan. Namun bagi Anda yang tidak gemar memasak dan tetap ingin mencobanya, Anda bisa mengganti rotinya dengan roti tawar. Memang tampilan dan rasanya menjadi tidak identik dengan Korean garlic bread yang asli. Meski demikian hasil akhirnya tetap memuaskan dan bisa mengobati rasa penasaran Anda terhadap jajanan viral ini.

Channel youtube Abu Tosca berbagi resep roti saus garlic dengan menggunakan roti tawar. Pertama siapkan bahan untuk sausnya yakni 150 gram mentega, 1 butir telur, delapan siung bawang putih dan peterseli secukupnya. Siapkan pula delapan lembar roti tawar, delapan lembar smoked beef (opsional), dan keju leleh atau melted cheese secukupnya. Jangan lupa untuk menyiapkan olesan yakni keju oles 90 gram, mayones dan susu kental manis masing-masing 1 sendok makan.

Cara membuatnya cukup mudah. Untuk membuat saus, pertama cincang bawang putih dan peterseli. Tambahkan telur dan kocok hingga tercampur rata. Masukkan mentega yang telah dilelehkan dan aduk rata kemudian sisihkan. Untuk olesan, cukup lumat keju oles menjadi pasta dan menambahkan mayones serta susu kental manis kemudian aduk rata. Kemudiaan sisihkan.

Sebelum digunakan, buang bagian tepi roti yang berwarna cokelat karena yang akan digunakan hanya yang bagian putihnya saja. Setelah itu ambil satu lembar roti kemudian pipihkan. Anda bisa menggunakan pemipih adonan roti atau cukup menggunakan gelas yang penting lembaran roti menjadi pipih dan padat.

Olesi permukannya dengan keju oles, lalu lapisi sisi atasnya dengan smoked beef atau ham dan melted cheese yang dipotong panjang-panjang. Lalu gulung roti dan tusuk bagian ujung-ujungnya menggunakan tusuk gigi agar gulungan tetap rapi. Jika sudah siap semua, celupkan gulungan roti ke dalam saus bawang putih.

Agar tidak terbuang, Anda bisa menuangkan sisa saus ke potongan-potongan tepi roti yang sempat dihilangkan di awal. Panggang roti-roti tersebut di dalam oven dengan suhu 200 derajat Celsius selama 20-25 menit. Sebelum menatanya di piring saji, Anda bisa mengambil tusuk-tusuk gigi yang sudah dipasang agar tidak mengganggu tampilan makanan.

Saat matang, ujung-ujung roti menjadi sedikit kecokelatan. Bagian rotinya sendiri berwarna kuning dengan variasi warna putih-hijau yang berasal dari peterseli dan bawang putih. Pada gigitan pertama, roti menjadi crunchy di bagian luar dan lembut di dalam karena ada lelehan keju di dalamnya. Selamat mencoba..

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.