READING

Tiga Cara Mudah Mengisi Kartu e-Toll

Tiga Cara Mudah Mengisi Kartu e-Toll

KEDIRI – Tak ada pilihan yang lebih asyik selain membawa kendaraan pribadi saat liburan. Selain kesiapan mobil, ada satu lagi yang penting untuk disiapkan, yakni e-Toll.

Gak kebayangkan ketika saat melintasi pintu pembayaran tol ternyata saldomu habis. Selain gak bisa membuka pintu, hal ini akan menimbulkan kemacetan panjang di belakangmu. Belum lagi jika ada yang membunyikan klakson di belakangmu. Ih, syereem.

So, pastikan saldo e-Toll yang kamu bawa terisi cukup sebelum berangkat. Jika belum memilikinya, kamu bisa mendapatkan di berbagai merchant yang bekerja sama, seperti ATM, bank, minimarket, halte TransJakarta, Commuter Line, hingga di gerbang tol.

Jika kamu membeli kartu perdana, tinggal meminta kepada petugas untuk mengisi saldo sesuai kebutuhan. Karena itu penting untuk mencari tahu tarif toll yang dibutuhkan untuk menjangkau tujuan kamu. Jangan sampai kurang.  

Bagi yang telah memiliki e-Toll dan ingin mengisi saldonya, berikut empat langkah mudah yang bisa kamu lakukan.

1. Melalui mesin ATM

Pertama kali pastikan ada logo e-Money yang terdapat pada mesin ATM yang akan kamu pergunakan. Beberapa mesin bank yang telah bekerjasama antara lain Bank Mandiri, BRI, BNI, BTN, dan BCA.

Masukkan kartu debit ATM kamu dan kemudian masukkan PIN untuk mengakses menu. Pilih menu Uang Elektronik > e-Money > Top Up.

Masukkan nominal pengisian saldo mulai Rp 50.000,- hingga Rp 500.000,-. Untuk memasukkan nominal lainnya, kamu tinggal pilih menu “jumlah lainnya”.

Selanjutnya tempelkan kartu e-Money pada tempat berstiker uang elektronik tersebut. Jika sudah, maka kartu akan terdeteksi dan pilih YA untuk melakukan pengisian ulang. Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan struk dikeluarkan dari mesin ATM.

Ingat, jangan sesekali memasukkan kartu e-Money pada slot kartu debit yang tersedia pada ATM. Hal ini bisa menyebabkan mesin ATM error akibat kartu e-Toll tersangkut/tertelan. Jika masih ragu-ragu, kamu bisa mendatangi kantor bank penerbit e-Toll dan meminta petugas melakukan permohonan pengisian kartu e-Toll.

2. Melalui Minimarket

Beberapa pemilik kartu e-Toll lebih menyukai mengisi saldo di minimaerket. Selain mudah ditemukan di sepanjang perjalanan, kamu bisa sekalian berbelanja makanan sebagai bekal.

Beberapa minimarket yang telah bekerjasama dalam pengisian saldo e-Money antara lain Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Circle K dan Lawson. Cekup dengan menyerahkan kartu e-Toll kepada petugas kasir, kamu bisa melakukan top up sesuai keinginan. Pembayarannyapun tak harus secara tunai, melainkan bisa dengan debit ATM.

Jika proses sudah dilakukan, kamu akan menerima struk dan bayarkan dengan sejumlah nominal top up ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp 1.000,-. Di beberapa minimarket penambahan biaya administrasi tak perlu dilakukan.

3. Melalui handphone

Cara isi ulang e-Toll melalui telepon pintar bisa dilakukan dengan beberapa cara. Bergantung dengan layanan bank yang kamu pergunakan. Bank Mandiri misalnya, memiliki tiga cara untuk melakukan isi ulang saldo, yakni dengan sms banking mandiri, melalui aplikasi e-Money Mandiri isi ulang, dan juga aplikasi Mandiri Online. Tentu saja hal tersebut dapat dilakukan apabila kamu telah terdaftar sebagai pengguna Mandiri Online.

Kamu bisa mengisi e-Money atau e-Toll Card melalui handphone Android, meskipun tidak semua gadget bisa melakukannya, karena membutuhkan hardware khusus yang bernama NFC. Jika sudah memenuhi syarat itu, silahkan mengisi saldo uang elektronik dengan HP Android berfitur NFC. Kemudian download aplikasi Mandiri Online di Google Playstore.

Tempelkan kartu e-Toll ke bagian belakang HP dengan fitur NFC aktif. Setelah itu akan menyebut secara otomatis jumlah nominal uang yang terdapat dalam e-Money kamu. Selanjutnya, tinggal tekan fitur isi saldo e-Money sesuai dengan angka yang kamu butuhkan. Kartu e-Money jangan ksampai terlepas dari belakang handphone sampai benar-benar uang elektronik kamu telah berhasil ‘Top Up’.

Penulis : Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.