READING

Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat di Cuaca yang Din...

Tips Menjaga Tubuh Tetap Hangat di Cuaca yang Dingin

MALANG – Udara akhir-akhir ini memang terasa cukup dingin, terlebih di pagi hari udara bercampur angin membuat suasana semakin membeku. Tak ayal beberapa hari ini banyak postingan di media sosial tentang suhu  menggunakan aplikasi android di beberapa kota di Jawa Timur yang mengunggah  suhu yang dingin. Seperti terlihat unggahan di media sosial pada pagi ini (Sabtu, 22/6) di Kota Kediri suhu menunjukkan 17˚ Celsius, Kota Blitar 16˚ Celsius, hingga di Kota Batu yang terdingin yaitu 13˚ Celsius. Walaupun udara dingin, tubuh harus terasa hangat agar tetap sehat bugar.

Terkait hal ini Aang Ghunaifi Dardiri founder Kids Movement, pusat kebugaran di Kota Malang menjelaskan bahwa normalnya suhu tubuh manusia berkisar 36,5˚ sampai 37,5˚ Celsius. Tapi jika masuk pada cuaca dingin seperti ini suhu tubuh bisa turun secara drastis hingga bisa mengakibatkan metabolisme tubuh bisa terganggu. “Untuk menanggulanginya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar suhu tubuh tetap pada ideal,” ungkapnya.

Ketika udara dingin datang terlebih di malam dan pagi hari memang lazimnya menggunakan pakaian hangat seperti jaket agar tubuh tidak mengalami kedinginan. Namun sebaiknya juga ditambah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi sembari melakukan aktifitas fisik atau berolahraga. “Aktivitas fisik bisa dengan gerakan tubuh yang melibatkan otot rangka dan mengakibatkan pengeluaran energi,” terang pria lulusan Ilmu Keolahragaan ini.

Aang menambahkan bahwa aktivitas fisik bisa dilakukan secara sederhana pada aktivitas sehari-hari, seperti mengerjakan pekerjaan rumah menyapu, mengangkat barang, hingga mengepel. Sehingga semua aktivitas dalam rangka menggerakkan otot rangka yang menghasilkan pengeluaran energi itu bisa dikatakan aktivitas fisik. “Kalau udara dingin di pagi hari jangan hanya tidur dan selimutan saja, alangkah lebih baik langsung menyapu dan ngepel rumah biar tubuh hangat,” ujarnya.

Selain melakukan aktivitas sehari-hari, olah raga juga bisa mengantisipasi cuaca dingin bagi metabolisme tubuh. Berbeda dengan aktivitas sehari-hari, olahraga dilakukan terlebih terstruktur dan terencana. Aang memberikan contoh olahraga ringan tapi bisa menghangatkan tubuh diantaranya jalan kaki, jogging, push up, peregangan, senam aerobik, bersepeda, dan sebagainya. “Atau bisa melakukan olahraga permainan yang lebih disukai lainnya,” terang Aang.

Aktivitas fisik harian, latihan fisik atau olahraga menyebabkan otot-otot berkontraksi untuk memproses lebih banyak nutrisi yang akan menghasilkan panas tambahan. Produksi panas tambahan ini dapat membantu menjaga suhu tubuh dan menjaganya tetap hangat. “Ini juga penting, terlebih jika suhu tubuh kita dan suhu lingkungan sekitar kita berbeda jauh, panas di tubuh kita bisa hilang lebih cepat,” tambah Aang.

Ketika hal itu terjadi, akan lebih sulit bagi tubuh untuk menjaga suhu tubuh normal kembali, terlebih pada cuaca dingin seperti saat ini. Untuk menjaga suhu tubuh tetap normal dalam cuaca dingin, aktivitas seperti yang dicontohkan di atas bisa cukup membantu.

Yang tidak kalah penting lagi adalah jika akan melakukan latihan fisik atau olahraga saat cuaca dingin idealnya melakukan pemanasan dalam waktu 15-20 menit. Pemanasan dilakukan dengan ‘meniru’ jenis latihan fisik atau olahraga yang akan dilakukan perlahan ke intensitas yang diinginkan. “Misalnya, saat melakukan pemanasan untuk lari, mulailah dengan jalan-jalan dan kemudian beralih ke jogging santai,” terangnya. Dikarenakan cuaca yang dingin dapat mengakibatkan penurunan suhu tubuh yang lebih cepat, sebaiknya intensitas aktivitas yang dilakukan mengarah pada intensitas sedang atau moderate hingga cukup berat atau vigorous. Tetapi harus tetap diperhatikan dengan kemampuan masing-masing, karena kondisi fisik setiap individu berbeda-beda. “Selamat mencoba, semoga tubuh tetap hangat di cuaca yang dingin ini,” tegasnya. (Moh. Fikri Zulfikar)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.