READING

Tol Cipularang Dan Gunung Kelud Punya Jalan Mister...

Tol Cipularang Dan Gunung Kelud Punya Jalan Misteri

KEDIRI – Kecelakaan bus di tol Cipularang yang menewaskan tujuh orang dikaitkan dengan hal mistis di jalur itu. Kisah serupa juga terjadi di lereng Gunung Kelud yang dikenal memiliki jalan misteri.

Kecelakaan maut yang melibatkan bus Bima Suci di jalan tol Cipularang Km 70.480 jalur B Kampung Sukamanah, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kabupaten Purwakarta, Senin 28 Januari 2019, masih menyisakan misteri. Pasalnya, bus tersebut tiba-tiba oleng dan menabrak pagar pembatas jalan hingga masuk ke selokan. Tujuh penumpang bus tewas di tempat.

baca juga: Jawa Timur Dilanda Topan Riley. Apa Itu?

Kepolisian dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) masih menyelidiki penyebab kecelakaan tunggal tersebut. Sejumlah analisa dikembangkan dengan melihat kondisi bus dan medan jalan. Di luar itu, masyarakat mulai mengkaitkan peristiwa tersebut dengan hal mistis yang menyelimuti ruas jalan Tol Cipularang. “Dulu istri penyanyi dangdut Syaiful Jamil juga meninggal di tol ini,” kata warga di media sosial.

Keberadaan jalan misterius seperti ini juga bisa ditemukan di lereng Gunung Kelud. Sebuah ruas jalan yang menjadi lintasan utama menuju puncak Kelud diyakini sebagai jalan misteri. Boleh percaya atau tidak, jalan ini akan menarik benda apapun di atasnya menuju ke arah yang lebih tinggi.

baca juga: Jurnalis Kediri Protes Remisi Pembunuh Wartawan

Sebagian masyarakat meyakini jalan ini memiliki kekuatan magis. Namun tak sedikit yang mengatakan jalan itu memiliki kekuatan medan magnet yang besar. Namun tak satupun yang bisa menjelaskan dari mana magnet itu berasal.

Tak hanya botol air mineral atau benda apapun yang bisa menggelinding. Mobil ukuran berapapun akan tertarik ke sebuah arah jika diparkir dalam kondisi diam. Anehnya, jika mobil biasa akan menggelinding ke arah yang lebih rendah atau menurun, di sini justru sebaliknya. Mobil yang didiamkan dalam kondisi gigi netral akan perlahan bergerak menuju jalan menanjak.

Tak percaya? Silahkan membuktikan sendiri.

Lokasi jalan misteri ini berada di kilometer lima dari pintu gerbang menuju puncak Gunung Kelud. Tepat sebelum memasuki tanjakan tajam yang berkelok, terdapat sebuah penggalan jalan yang cukup lebar.

Tak sulit untuk menemukan ruas jalan misteri ini. Pengelola wisata membuat garis-garis putih di badan jalan sebagai penanda jalan misteri. Selain itu, sebuah papan nama bertuliskan Jalan Misteri (mysterious road) terpajang di sisi jalan.

Hampir seluruh pengunjung yang hendak menuju puncak Kelud selalu memarkir kendaraan mereka di tempat ini. Mereka ingin menjajal keunikan jalan misteri yang telah terkenal ke berbagai pelosok.

Sigit Waluyo, pengunjung asal Surabaya adalah salah satu yang memarkir minibusnya di ruas jalan ini. Usai mematikan mesin dan menetralkan gigi, dia membiarkan pintu kemudi terbuka. Perlahan-lahan mobilnya bergerak ke belakang menuju ruas jalan yang menanjak.

Tak percaya, Sigit melongokkan kepala ke bawah. Dia ingin memastikan bahwa mobilnya benar-benar berjalan mundur tanpa menyalakan mesin sama sekali. “Sulit dipahami akal sehat,” katanya.

Seorang peneliti dari Institut 10 Nopember Surabaya (ITS) pernah melakukan penelitian di tempat ini. Meski tak pernah mengumumkan hasilnya secara resmi, namun dia memastikan jika ruas jalan itu sama sekali tak memiliki medan magnet.

Pergerakan mobil atau benda apapun menuju tanjakan hanyalah tipuan mata belaka. Sebab meski secara kasat mata jalanan itu tampak menanjak, namun kondisi sebenarnya justru terbalik. Inilah yang kerap membuat orang merasakan pergerakan menuju atas meski sebenarnya sedang menurun. (*)

print

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.