READING

Warga Kediri Deklarasi Tak BAB Sembarangan

Warga Kediri Deklarasi Tak BAB Sembarangan

KEDIRI – Pemerintah Kabupaten Kediri mengajak warganya berkomitmen hidup sehat. Salah satunya dengan tidak buang air besar (BAB) sembarangan.   

Hingga kini perilaku membuang hajat sembarangan masih kerap dilakukan warga Kabupaten Kediri. Selain tidak tersedianya jamban yang memadai, hal ini karena perilaku masyarakat yang kurang mendapat pengetahuan cukup soal kesehatan.

Kamis pagi, 12 Desember 2019, Dinas Kesehatan Kota Kediri menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Balai Desa Bulupasar Kecamatan Pagu. ODF merupakan kondisi ketika setiap individu dalam komunitas melakukan buang air sembarangan hingga menimbulkan pencemaran dan penyakit. “Deklarasi ini untuk mewujudkan Kabupaten Kediri sehat dengan tidak buang air besar sembarangan,” kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan, dr. Bambang Triono Putro.

Bambang Triono menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Kediri telah meluncurkan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang merupakan kebijakan untuk memberikan arahan mengenai sanitasi, sekaligus mempercepat pencapaian Suistainable Developments Goals.

“Tidak hanya melibatkan kader kesehatan di setiap wilayah saja, masyarakat juga harus berperan serta mendukung terwujudnya Kabupaten Kediri ODF sesuai target di tahun 2020 nanti,” kata Bambang.

Saat ini sudah ada 117 desa dan 3 kecamatan yang meraih predikat ODF di Kabupaten Kediri. Deklarasi yang dihadiri Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan, kader puksesmas, dan perwakilan Bank Jatim ini memberikan penghargaan kepada wilayah ODF. Mereka adalah Kecamatan Pagu, Desa Jagung Kec. Pagu, Desa Mondo Kec. Mojo, Desa Tertek Kec. Pare, dan SMPN 1 Pagu.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Kediri juga menerima bantuan 158 unit jamban dari Bank Jatim Cabang Kediri. Bantuan tersebut diterima langsung oleh dr. Bambang Triono Putro untuk ditempatkan di beberapa wilayah Kabupaten Kediri.  Diharapkan masyarakat akan lebih tertib dalam membuang air besar agar tak mencemari lingkungan. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.