READING

Waspadalah, Botol Air Bisa Picu Kecelakaan Tragis

Waspadalah, Botol Air Bisa Picu Kecelakaan Tragis

KEDIRI – Berhati-hatilah meski hanya dengan botol minuman. Jika tidak, Anda bisa mengalami kecelakaan tragis yang disebabkan oleh botol air.

Begitu bahayanya botol minuman ini hingga membuat polisi Malaysia memberikan peringatan kepada penduduk untuk memperhatikan kondisi mobil sebelum bepergian. Pasalnya belum lama ini ada kejadian kecelakaan yang diakibatkan botol minuman.

Seperti dilansir asione.com, seorang petugas kepolisian daerah Pendang, Malaysia menceritakan kisahnya melalui akun facebook tempatnya bekerja. Menurutnya, pesan keselamatan dengan menggunakan sabuk pengaman atau car seat untuk anak saja  tidak cukup untuk diperhatikan. “Ada hal lain yang cukup penting untuk diperhatikan, yakni keberadaan botol minuman,” katanya.

Postingan tersebut menjelaskan bahwa bentuk dashboard mobil yang berbeda-beda kerap menjadi penyebab terhalangnya pandangan pengemudi ke area bawah. Hal ini membuat bagian pedal gas, kopling dan rem tidak terlihat. Padahal bisa jadi ada benda-benda yang tidak seharusnya ada di sana.

Demikian pula mobil yang dilengkapi cup holder. Sehingga pemilik kendaraan harus meletakkan minumannya sembarangan. Jika tidak berhati-hati, bisa jadi botol minuman itu jatuh tidak beraturan, termasuk ke areal sekitar bawah jok.

Kecelakaan yang baru saja terjadi menggambarkan peristiwa itu. Menurut penuturan polisi tersebut, ada sebuah mobil yang mengalami kecelakaan tragis akibat pedal remnya tersangkut botol minuman kosong. Akibatnya, pengendara tidak bisa menggunakan remnya ketika diperlukan.

Petugas tersebut sebenarnya tidak mempermasalahkan ada tidaknya cup holder di setiap kendaraan roda empat. Hanya saja yang perlu diingatkan adalah kebiasaan pemiliknya untuk tidak meletakkan botol minuman sembarangan. Karena toh jika ada cup holder pun biasanya malah digunakan untuk menyimpan uang receh, jepit rambut hingga penjepit kuku.

“Ada di antara kita yang meletakkan botol sembarangan termasuk di bawah kursi sopir maupun penumpang. Perbuatan tersebut adalah salah satu perbuatan yang berbahaya,” terang polisi daerah Pendang tersebut.

Memang peluang terjadinya kecelakaan sebuah mobil akibat tersangkut botol air cukup jarang dan tidak umum. Namun petugas tersebut mengingatkan kita untuk selalu waspada dan berhati-hati agar potensi terjadinya kecelakaan akibat kesalahan sendiri bisa dikurangi bahkan dihindari.

Tidak hanya itu, sebuah botol minum ternyata juga bisa menyebabkan kebakaran mobil. Seorang teknisi mesin, Dioni Amuchastegui, menjelaskan kejadian tersebut terjadi ketika botol air mineral terpapar langsung sinar matahari. Dari video yang diunggah sebuah akun facebook menunjukkan bagaimana proses ini terjadi.

Sinar matahari yang masuk melalui jendela mobil bisa jadi bertemu langsung dengan botol air mineral yang digeletakkan di atas jok atau di atas dashboard. Botol yang berisi air ternyata memiliki kemampuan seperti lup atau lensa cembung yang bisa meningkatkan konsentrasi sinar matahari.

Jika terusan cahaya yang telah terkonsentrasi ini menimpa benda yang mudah terbakar seperti lapisan jok kendaraan dalam waktu lama, maka bagian yang terpapar tersebut pasti akan terbakar. Dan jika tidak segera ditangani bisa menjadi pemicu kebakaran yang lebih besar.

“Siapapun memiliki botol minum di kendaraannya. Jadi harus berhati-hati,” pesan Dioni  di akhir videonya yang diunggah dalam akun facebook idahopower.

Reporter: Dina Rosyidha
Editor: Hari Tri Wasono

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.