READING

Waspadalah, Pesisir Selatan Jawa Timur Juga Berpot...

Waspadalah, Pesisir Selatan Jawa Timur Juga Berpotensi Tsunami

SURABAYA – Bencana alam tsunami yang menerjang wilayah Banten dan Lampung benar-benar di luar dugaan. Tak ada sinyal atau peringatan dini yang berbunyi hingga gelombang tinggi itu menewaskan puluhan orang dalam waktu sekejap.

Namun tahukah kamu jika bencana tsunami ini juga mengintai sejumlah wilayah perairan di Jawa Timur. Utamanya di kawasan pesisir laut selatan. “Sepanjang pesisir pantai selatan rawan terjadi tsunami,” kata Gubernur Soekarwo.

Namun Soekarwo meminta masyarakat tak khawatir karena pemerintah telah memasang sistem peringatan dini (early warning system) sebagai langkah antisipasi. Sehingga sebelum gelombang tsunami datang masyarakat sudah lebih dulu mengetahuinya.

Dalam penjelasannya yang disampaikan usai menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Jombang beberapa waktu lalu, gubernur yang biasa disapa Pakde ini mengatakan jika di wilayah selatan pulau Jawa terdapat cincin api (ring of fire). Ini memiliki makna bahwa kawasan pesisir selatan dilewati sirkum pasifik dan belahan lautan Hindia. “Makanya kawasan tersebut rawan gempa dan tsunami,” katanya.

Beberapa daerah yang termasuk dalam pesisir selatan itu diantaranya Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi.

Tak hanya pemasangan alat peringatan dini, pelatihan evakuasi juga sering dilakukan Badan SAR Nasional di kawasan rawan. Masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir diklaim telah memiliki pengetahuan tentang prosedur penyelamatan diri jika terjadi tsunami.

Pelatihan ini salah satunya dilakukan pada masyarakat di pesisir Prigi Trenggalek. Mereka akan berbondong-bondong meninggalkan rumah untuk menuju perbukitan jika terjadi tsunami. Demikian pula masyarakat di pantai Popoh Tulungagung yang tak asing dengan papan pengumuman peringatan tsunami. Karenanya wisatawan diminta tak memasuki air di tempat-tempat yang terpasang papan peringatan.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengumumkan 10 wilayah di Indonesia yang rawan gempa dan berpotensi tsunami Sepuluh wilayah rawan tsunami. Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengatkan, peta gempa berpotensi tsunami sudah sejak 2001 dibuat, atau beberapa tahun sebelum Aceh dihantam tsunami tahun 2004.

10 wilayah perairan Indonesia yang berpotensi tsunami itu ada disepanjang pantai yang membentang di barat, utara serta timur. (*)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.