READING

Wow, RSUD Tulungagung Dinobatkan Rumah Sakit Terba...

Wow, RSUD Tulungagung Dinobatkan Rumah Sakit Terbaik Dunia

TULUNGAGUNG – International Hospital Federation (IHF) menobatkan Rumah Sakit Umum Daerah dr Iskak Tulungagung menjadi rumah sakit terbaik dunia. Rumah sakit milik pemerintah daerah ini memiliki layanan publik yang luar biasa.

Forum International Hospital Federation Congress and Award ke-43 yang diselenggarakan di Oman, Uni Emirat Arab memberikan anugerah “Gold Award for Hospital Social Responsibility” kepada RSUD dr Iskak Tulungagung. Penghargaan dunia itu diterima langsung oleh Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes yang secara khusus diundang dalam Kongres Federasi Rumah Sakit se-dunia di Muscat, Oman, pada 6-9 November 2019.

Humas RSUD dr Iskak, Mochammad Rifai mengatakan penghargaan Gold Award diberikan untuk kategori IHF/Bionexo Excellence Award for Corporate Social Responsibility. Rumah sakit milik Pemkab Tulungagung ini menyalip Lembaga Kesehatan Dubai (Dubai Health Authority/UEA) yang meraih Silver Award di forum tersebut.

“Rumah sakit kami memiliki inovasi bidang manajemen penyelenggaran layanan publik, yang disebut The New Concept Hospital Management combined with PSC,” kata Rifai kepada Jatimplus.ID, Senin 11 Nopember 2019.

Ada enam rumah sakit dari lima negara yang menjadi nominator kategori IHF/Bionexo Excellence Award for Corporate Social Responsibility. Selain RSUD dr Iskak, mereka adalah Aster DM Healthcare dan Dubai Health Authority dari UEA, Auna dari Peru, KPJ Pasir Gudang Specialist Hospital dari Malaysia, dan Manila Doctors Hospital dari Philippines.

Direktur RSUD Dr Iskak Tulungggung, dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes

Direktur RSUD dr Iskak Tulungagung, dr Supriyanto Dharmoredjo, Sp.B, FINACS, M.Kes mengatakan prestasi yang diperoleh kali merupakan pencapaian yang luar biasa bagi rumah sakitnya. “Ini sangat membanggakan bagi RSUD dr Iskak untuk menuju cita-cita rumah sakit yang ‘go’internasional,” katanya mengawali sambutan di forum IHF Congress.

Penghargaan ini sekaligus menjadi pengakuan internasional terhadap konsep manajemen baru perumahsakitan RSUD dr Iskak Tulungagung yang disinergikan dengan inovasi layanan PSC (Public Service Centre). Inovasi inilah yang mendasari penyelenggaraan perumahsakitan murah dan bermutu, serta bisa melayani 85 persen pasien BPJS di wilayah Provinsi Jawa Timur bagian barat sejak 2016.

Dr Supriyanto mengatakan, dunia penyelenggaraan pelayanan kesehatan khususnya perumahsakitan di Indonesia sedang dalam situasi tak nyaman. BPJS Kesehatan, Kementerian Kesehatan, DPR RI, Kementerian Keuangan, organisasi profesi Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia, dan Lembaga Perlindungan Konsumen terjebak dalam lingkaran setan yang tak jelas ujung pangkalnya.

Kondisi ini membawa dampak buruk bagi layanan kesehatan, di mana angka serangan jantung, kematian ibu dan anak, serta kasus Stunting tumbuh dengan masif. Sementara indikator pelayanan kesehatan juga tidak pernah tercapai dengan meningkatnya gini rasio.

Situasi inilah yang dipecahkan oleh jajaran direksi RSUD Dr. Iskak Tulungagung di bawah kepemimpinan Dr. Supriyanto dengan menciptakan inovasi. Tujuannya adalah mencipatkan efisiensi, efektifitas, akuntabilitas di semua lini managemen rumah sakit.

Hingga akhirnya RSUD Dr. Iskak Tulungagung dinobatkan menjadi satu satunya rumah sakit pemerintah paling mandiri dengan “cost recovery rate mencapai 87 persen (2018), dan tidak menggantungkan anggaran operasional pada APBD dan APBN.

Bahkan di tengah gonjang-ganjing klaim pembayaran pertanggungan layanan kesehatan BPJS Kesehatan yang tertunggak hingga berbulan-bulan, layanan medis mereka tetap prima. Perpaduan “New Concept Management Hospital” dengan program PSC tersebut ini pun mengantarkan RSUD dr. Iskak menjadi salah satu rumah sakit pilihan masyarakat dengan index kepuasan masyarakat 83,05 pada 2018. (Advertorial)

Print Friendly, PDF & Email

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.