READING

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Berangkat Liburan di ...

Yang Perlu Disiapkan Sebelum Berangkat Liburan di Tengah Wabah

Masyarakat nampaknya sudah sangat bosan berada di rumah. Meski wabah corona terpantau belum melandai, mulai banyak mobilitas menuju ke tempat-tempat wisata. Pemerintah sendiri saat ini telah menerapkan era new normal sehingga aktivitas bepergian tidak seketat sebelumnya. Meski demikian tetap ada hal-hal yang perlu diperhatikan karena tetap ada aturan-aturan lain yang harus ditaati.

Kegiatan travelling sendiri membutuhkan banyak waktu, tenaga dan biaya. Jadi perlu persiapan matang sebelum benar-benar berangkat. Jangan sampai waktu berlibur yang seharusnya menjadi acara yang menyenangkan berubah mengecewakan karena tertolak ketika hendak masuk area wisata. Berikut lima hal yang perlu dilakukan sebelum berangkat traveling.

Pilih destinasi wisata

Keinginan berlibur pastinya dirasakan banyak orang. Untuk menghindari suasana yang kelewat ramai, sebaiknya hindari tempat wisata yang mainstream. Cari tempat wisata yang jarang diketahui orang. Caranya dengan mengubek-ubek media sosial karena pasti ada banyak inspirasi destinasi baru di sana.

Selama wabah COVID-19, sebaiknya pilihlah wisata-wisata alam. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain udara segar dan pemandangan yang memanjakan, ada lebih banyak ruang yang tersedia agar jarak aman antar wisatawan tetap terjaga. Selain itu, wisata alam juga bisa menjadi sarana berolahraga karena tubuh lebih banyak bergerak.

Cari informasi tentang aturan yang berlaku di daerah tujuan

Meski pembatasan sosial sudah diperlonggar, bukan berarti kita bebas bepergian. Pasalnya masih ada beberapa daerah yang masih berstatus siaga karena kasusnya masih tinggi. Untuk itu, kita perlu mencari tahu dulu seperti apa kondisi daerah tujuan kita sebelum berangkat. Apakah diperlukan persyaratan khusus seperti surat izin keluar masuk (SIKM) atau tidak.

Tentukan moda transportasi dan tempat menginap sejak awal

Meski sudah buka layanan, beberapa fasilitas publik memiliki jam operasional yang lebih pendek. Bahkan beberapa wilayah masih menerapkan jam malam. Aturan pengurangan kapasitas kendaraan, okupansi tempat makan maupun penginapan juga bisa menyulitkan para traveler jika tidak mempersiapkan hal ini sebelumnya.

Maka sebaiknya persiapkan sejak awal rencana perjalanan kita berikut tempat menginap agar kita tidak sampai terlunta-lunta di tempat tujuan. Kita bisa melakukan pemesanan melalui situs perjalanan online.

Siapkan dokumen yang dibutuhkan

Beberapa tempat mewajibkan kita membawa berkas khusus seperti SIKM dan surat keterangan bebas COVID-19. Surat bebas virus ini merupakan hasil tes PCR (swab) atau rapid test. Bahkan surat ini kadang diminta untuk ditunjukkan sebelum naik moda transportasi seperti kereta api jarak jauh. Aturan ini didasarkan pada Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 No 7/2020 dan Pemenhub No 41/2020.

Siapkan cleaning kit

Kita pasti sudah hafal dengan protokol kesehatan yang harus dilakukan selama berada di tempat umum. Mulai dari penggunaan masker dan menjaga kebersihan terutama area tangan. Maka sebaiknya persiapkan masker dalam jumlah banyak, dan jangan lupa untuk membawa sabun cair, hand sanitizer, tisu basah, maupun kering.

Tidak ada salahnya pula kita menyiapkan semprotan disinfektan dalam bentuk travel size, dan face shield jika dibutuhkan. Tempat masker bekas pakai juga sebaiknya disiapkan agar tidak mengotori daerah sekitar tempat wisata.

Penulis : Dina Rosyidha

Print Friendly, PDF & Email

RELATED POST

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By using this form you agree with the storage and handling of your data by this website.